25 Fakta Unik dan Aneh Yang Jarang di Ketahui

loading...
Yakin sudah mengetahui banyak hal, di dunia ini masih banyak misteri yang tidak pernah kalian bayangkan sebelumnya, di kehidupan sehari-hari misalnya ada berbagai keunikan yang bernuansa indah atau bahkan seram.

Tapi yang namanya fakta unik, masih saja terus terjadi, entah itu sekedar hal sepele sampai hal yang cukup sulit untuk di jelaskan.

Berikut ini daftar fakta unik yang terjadi, dan bahkan mungkin saja tidak pernah kalian bayangkan sebelumnya.

1.    Oxford University Lebih Tua dari Bangunan Bangsa Aztec

Oxford University

Fakta unik ini mungkin jarang di ketahui, kalau bahwasannya Oxford University lebih tua dari bangsa Aztec. Oxford University di dirikan pada tahun 1096 dan sudah mulai melakukan pembelajaran aktif, sekitar tahun 1249 Oxford menjadi universitas dengan perkembangan yang sangat cepat. Namun karena Oxford masih terus berjalan hingga sekarang, tidak nampak sama sekali jika universitas tersebut sudah sangat tua, berbeda dengan sejarah bangsa Aztec baru dengar namanya mungkin terbayang peradaban yang sangat tua, kalian salah besar,  bangsa Aztec mendirikan kota pertama Tenochtitlan pada tahun 1325 di Mexica sekitar Danau Texcoco.

2.    Boanthropy Penyakit Manusia Mengira Dirinya Sapi

Boanthropy
Penyakit psikologis yang satu ini sungguh mengherankan, ketika manusia mengalami sindrom ini mereka akan mengira diri mereka adalah sapi, kerbau atau binatang berkaki empat lainnya. Kabarnya penyakit ini bisa di pancing dengan melakukan hipnotis tapi adakalanya penyakit ini muncul secara spontan. Awalnya muncul seperti mimpi lalu akan menjadi khayalan yang nyata, dan menafsirkan dirinya sebagai binatang. Hampir kebanyakan dari kita tidak tahu kalau fakta unik ini ada di negara kita juga, kalian pernah melihat orang kerasukan, coba lihat dengan teliti yang di lakukan oleh mereka mirip dengan binatang berkaki empat.

3.    Ubur-Ubur Abadi Yang Tidak Bisa Mati (Immortal Jellyfish)

Immortal Jellyfish

Ubur-ubur Turritopsis merupakan hewan yang abadi, biasa di kenal dengan sebutan immortal jellyfish. Hidup hewan ini tidak pernah berakhir mereka secara terus menerus akan meregenerasi selnya dan kembali ke tahap awal pertumbuhan, sistem pemulihan tersebut dinamakan transdifferentiation, digunakan ketika ubur-ubur merasa terancam, terluka, atau kelaparan. Namun proses ini bisa di lakukan hanya ketika sudah memasuki umur masa reproduksi, tapi jika mereka berhadapan dengan predator dan terkena penyakit sebelum masa kematangan seksual mereka akan mati.

4.    Belatung Penyembuh Luka

Pertumbuhan Lalat

 Tidak di sangka bukan belatung apalagi dari larva lalat, terkesan sangat menjijikan, tapi ternyata di balik semua itu belatung mempunyai fakta unik. Pada jaman dulu belatung di gunakan untuk menyembuhkan luka, proses penyembuhan ini di namakan Maggot Therapy, sudah di praktekan sejak berabad-abad lampau, oleh suku Indian Maya dan suku Aborigin di Australia. Pada masa Renaissance tabib yang merawat prajurit perang, mengamati luka yang di tumbuhi belatung justru akan sembuh di banding dengan luka yang tidak ada belatungnya, pengobatan ini terus berlanjut hingga perang dunia ke satu, sampai pada akhirnya di temukan obat antibiotika panicilin yang menyebabkan praktek penggunakan belatung di hentikan.

5.    Rambut Bisa Menahan Berat 2 Ton

Rambut Kuat

Sekali lagi fakta unik terjadi pada tubuh manusia, tapi fakta unik yang terjadi bukan menggunakan sehelai rambut melainkan seluruh rambut, jadi jika sehelai rambut dapat mengangkat beban 100 gram, tinggal di kalikan saja dengan jumlah rata-rata rambut pada manusia, paling tidak jumlah rambut ada sekitar 15.000 helai per orang, maka di temukan hasil rambut manusia sanggup mengangkat 2 ton beban, yang sama dengan 2 ekor gajah.

6.    Benda Terbesar Yang di Kirim Melalui Pos
Rumah Mobil

Pada 1916 seorang pengusaha ingin membangun sebuah gedung baru di Vernal, Utah. Pengusaha yang bernama William H. Coltharp itu mempunyai ide gila, setelah kebingungan karena sebuah bangunan tidak mungkin di kirim hanya sebatas surat.

Maka dia mengirimkan bangunan itu dalam bentuk tembok, dengan cara menaruh 80.000 biji bata ke dalam 40 kotak, setiap satu kotak memiliki berat 22 Kg, pengiriman itu di lakukan dari Salt Lake melalui kantor pos. Atas ulah yang ia lakukan, kantor pos AS melarang adanya pengiriman benda lebih dari 90 Kg dalam sehari pada tahun itu juga.

7.    Hujan Katak

Katak Kehujanan
Baca Juga:


Fakta unik ini terjadi pada tahun 1997 di Mexico, warga di sana heboh karena ada hujan yang di sertai jatuhnya katak. Menurut ilmuan hujan katak terjadi dengan proses yang cukup rumit, meskipun sudah dapat di pastikan kalau hujan katak merupakan fenomena dari tornado, yang membuat rumit masalah ini adalah apakah katak terbawa angin dari dasar atau kah besar di atas. Berdasarkan fakta angin tornado yang cukup besar tidak akan menyentuh bumi jadi tornado akan terus bergerak di atas, membawa katak ke tempat lain yang cukup jauh.

8.    Suku Eskimo Menggunakan Kulkas

Suku Eskimo

Bayangkan hidup di Kutub Utara yang begitu dingin masih saja menggunakan kulkas, tapi apakah kalian mengetahui fakta unik itu beneran terjadi. Orang-orang dari Savoonga tinggal jauh di antara bagian barat Alaska dan timur Rusia mempunyai kulkas, bisa kalian bayangkan disana rata-rata suhu di bawah pulahan 0 derajat selcius, lantas kenapa mereka menggunakan kulkas, ternyata kulkas di gunakan untuk menyimpan makanan, jadi suhu di luar sana lebih dingin dari kulkas yang paling dingin, jika makanan di taruh luar, bisa saja langsung membeku, dulu sebelum ada kulkas mereka menggunakan kulit binatang untuk menutup makanan.

9.    Kumbang Hercules

Kumbang Hercules

Kumbang yang di anggap hama kelapa oleh masayarakat kita, ternyata memiliki fakta unik di baliknya. Kumbang hercules berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, Bukan cuma namanya saja tapi kekutan kumbang ini mirip Hercules, dengan tubuh yang paling besar di antara jenisnya, kumbang ini sanggup mengangkat beban ratusan kali lebih berat dari tubuhnya sendiri, karena hal itu kumbang hercules di juluki sebagai kumbang terkuat di dunia.

10. Burung Hummingbird Terbangnya Mundur

Burung Hummingbird

Kalau di sini burung tersebut di namakan burung kolibri tergolong sebagai burung terkecil di dunia. Burung kolibri adalah satu-satunya jenis burung yang bisa terbang mundur, karena burung ini memiliki sayap yang cukup fleksibel, hingga bisa di putar sampai 180 derajat

11.  Bendera Nepal Bukan Persegi

Bendera Nepal

Umumnya bendera yang di gunakan sebuah negara berbentuk persegi, namun beda dengan Negara Nepal, bendera yang di gunakan berbentuk segitiga saling tindih, alasan di balik bendera tersebut ternyata merupakan kombinasi dari benda hindu yang memiliki dua cabang berbeda dari penguasa Nepal sebelumnya.

12. Tubuh Manusia Mengandung Emas

Biji Emas

Siapa sangka dalam tubuh kita sendiri tersembunyi sebuah fakta unik, tubuh manusia sebenarnya mengandung emas, jadi emas di dapat dan masuk kedalam tubuh melalui lingkungan sekitar termasuk dari makanan alami. Emas merupakan senyawa beracun, tapi unsur racun itu bisa menyebar dengan adanya kontak dari senyawa lain, meskipun terjadi kontak, dalam dosis kecil tidak akan menyebabkan keracunan. Emas yang ada dalam tubuh manusia sangat sedikit jumlahnya, hanya sekitar 0,2 miligram, kebanyakan berada dalam darah, jadi untuk mendapatkan 8 gram emas, setidaknya butuh 40.000 orang.


13.  Kopi Adalah Buah Bukan Biji

Panen Kopi

Siapa yang tidak pernah minum kopi, apakah kalian sudah tahu kalau kopi adalah buah bukan biji. Jadi namanya adalah buah kopi, lantas kenapa kita sering menyebutnya sebagai biji kopi, karena memang meskipun tergolong buah bentuknya mirip biji.

14.  Penemu Kopi Adalah Kambing

penggembala kambing

Sekitar 8 masehi, seorang penggembala kambing yang bernama Khaldi menemukan kambingnya bergerak aktif di malam hari, setelah di telusuri ternyata kambingnya telah memakan sejenis buah berry, lantas karena penasaran dengan efeknya Khaldi mengambil dan mencoba memasaknya untuk konsumsi. Kebiasaan yang di lakukan oleh Khaldi menyebar dan menjadi kebiasaan di daratan Afrika.

15.  Strawberry Bukan Berry

Stawberry

Strawberry yang kita konsumsi selama ini ternyata bukan jenis berry meskipun nama di belakangannya tersemat kata berry, nama tersebut di berikan oleh orang-orang jaman dulu yang menyebut semua buah kecil sebagai berries. Kenapa bukan jenis berry karena dalam ilmu tanaman berry harus memiliki tiga lapisan, pertama adalah kulit luar, daging bagian tengah dan benih. Meskipun begitu masih cukup rumit untuk menentukan buah yang masuk golongan berry antara lain harus memiliki lebih dari dua biji dan memiliki satu bunga yang mempunyai satu ovarium, biasanya buah akan menggerombol seperti anggur.

16.  Pisang Adalah Berry

Pisang

Kenapa bisa demikian sedangkang strawberry tidak masuk golongan berry, semakin pusing memikirkannya, syarat buah bisa  masuk dalam golongan berry adalah jika buah memiliki satu ovarium yang bakal menjadi sekumpulan buah. Walaupun memang secara fisik berbeda sekali dengan berry lain, namun pisang memiliki kriteria tersebut.

17.  Coco De Mer Merupakan Buah Terbesar

Coco De Mer
Kalau kalian ingin mengetahui buah terbesar di dunia mungkin ini satu-satunya, meskipun di sebut kelapa tapi buah dan pohonnya berbeda jauh dengan kelapa. Buah yang bisa mencapai diameter 50 cm dan memiliki bobot sekitar 30 kg merupakan jenis tanaman yang di koleksi hampir semua kebun binatang di seluruh dunia.

18.  Rusia Lebih Luas Dari Pluto

Peta Wilayah Rusia
Rusia adalah negara terluas di dunia, wilayahnya membentang dari Eropa sampai 4 km sebelum daratan Amerika, tapi apakah kalian tahu kalau Rusia ternyata lebih luas dari pluto, luas Rusia itu lebih dari 17.000 km2, sedangkan pluto hanya 16.000 km2. Kabar terbaru mengatakan pluto di ajukan lagi sebagai sebuah planet, dan kalau itu terjadi Rusia satu-satunya negara yang mempunyai luas lebih dari planet.

19.  E-mail Lebih Dulu Dari Internet

Email

Kalian mungkin berpikiran, kalau ada email sebelum internet bagaimana cara kirimnya, dulu ketika email baru muncul pengiriman data masih menggunakan jaringan telepon untuk menghubungkan ke penyedia database yang di sebut micronet. Setelah masa email, kita mengenal istilah penggunaan nomor yang di sebut webpages, yang mana masa itu baru hampir memasuki masa www atau masa internet.

20.  Tree Lobster Serangga Terbesar

Tree Lobster
Se  yang di anggap telah punah pada 1930-an itu kini muncul kembali, ilmuan yang menemukan segera membawa dua ekor untuk di kembangbiakan, sekarang populasinya sudah mencapai sekitar 700 ekor. Tree lobster menjadi serangga terbesar karena ukuran yang di milikinya hampir sama dengan ukuran telapak tangan manusia.
rangga

21.  Janji Kelingking Dari Jepang

Janji Manis
Siapa yang tidak pernah melakukan janji seperti ini, kebanyakan dari kita pasti pernah melakukannya bukan, tapi apakah kalian tahu kalau janji jari kelingking muncul pertama kali dari jepang, di jepang janji seperti ini di sebut Yukibiri yang mempunyai arti memotong jari, pada tahun 1936 Yukibiri di gunakan oleh geng Yakuza untuk menghukum kelompoknya yang berhianat dengan cara memotong jari kelingkingnya.

22.  Gunung Everest Bukan Yang Tertinggi

Gunung Everest
Sering kita mendengar gunung tertinggi di dunia adalah Everest, tapi pada kenyataannya gunung everest tidak setinggi itu. Mungkin benar jika pengukuran di lakukan dari permukaan laut gunung Everest menjadi yang tertinggi, tapi jika pengukuran di lakukan melalui pusat bumi Everest kalah telak dari gunung Chimborazo, hal itu di sebabkan karena bentuk bumi yang tidak bulat sempurna, jadi daratan yang ada di sekitar garis katulistiwa lebih menonjol daripada bagian lain.

Bukan Cuma pengukuran melalui pusat bumi, Everest juga kalah telak dari gunung Mauna Kea di Hawaii dengan metode pengukuran dari bawah keatas, karena gunung Mauna Kea sebagian besarnya berada di dasar laut.

23.  Desa Giethoorn Tidak Punya Jalan

Giethoorn

Desa yang terletak di Belanda ini bak negeri dongeng saja, banyak turis dalam dan luar yang sering berkunjung kesana. Dibangun pada tahun 1230 desa ini masih tetap mempertahankan pesona asrinya, tidak ada jalan, tidak ada asap kendaraan, dan sedikit polusi, itulah yang menjadi daya tarik dari desa ini. Semua akses jalan disana menggunakan kapal melalui kanal yang menghubungkan desa, turis yang ingin kesana haruslah memarkin kendaraan jauh di luar desa.

24.  Petugas Penjaga Taman 7 Kali Selamat Dari Sambaran Petir

Roy Sulivan

Petir mungkin akan menjadi mimpi buruk dalam kehidupan kalian, apalagi yang terjadi pada penjaga taman satu ini, dia seolah-olah menjadi langganan petir, sudah 7 kali tersambar 7 kali dia selamat. Pria kelahiran tahun 1912 sampai masuk dalam Guiness Book Record, pria yang bernama Roy Sulivan itu di juluki sebagai Human Lightning Conductor, tidak ada yang percaya dengan cerita tersebut namun pihak Guiness Book Record mengatakan yang sebenarnya.

Kisahnya bermula pada tahun 1942 ketika ia bertugas di puncak tower pengawas, disana sedang terjadi badai besar, karena tower tersebut belum memiliki penahan petir, tower beberapa kali tersambar, saat Sulivan hendak menyelamatkan diri, naas petir menyambar terlebih dahulu di bagian kaki, akibat insiden tersebut dia kehilangan ibu jarinya, kisah itu terus berlanjut sampai pada sambaran yang ke tujuh waktu itu dia sedang memancing, secara tiba tiba semua bulunya berdiri dan petir menyambar lagi. Tapi kematian Roy Sulivan bukan di karenakan petir namun dia bunuh diri menggunakan pistol.

25.  Penyakit Tertawa Tanpa Henti

Tertawa Bersama

Kalian bisa bayangkan tertawa berbulan-bulan tanpa berhenti, fakta unik itu beneran terjadi. Wabah tawa Tanganyika, merupakan kejadian paling aneh yang pernah di dokumentasikan dalam penyakit psikogenik massal, pada 1962 seorang murid mulai bercanda di asrama Tanzania, tiba-tiba ada seorang gadis yang tertawa tanpa kendali, awalnya sedikit tapi kelamaan tawa itu makin panjang dan tidak bisa berhenti. Korban dari wabah tawa tanganyika kebanyakan dari perempuan, butuh setidaknya 18 bulan untuk membuat wabah itu berhenti total.
loading...
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...

Blog Archive