Alasan Tumbangnya 3 Perusahaan Besar di Indonesia





Tahun ini menjadi tahun tumbangnya beberapa perusahaan besar, dari 7 Eleven, Nyonya Meneer sampai distributor vans, mungkin kalian belum tahu alasan utama di balik tumbangnya ke tiga perusahaan tersebut. Maka dari itu dalam artikel ini kami akan coba membahasnya, secara terperinci, menggunakan teori ekonomi dan bisnis.

Distributor Vans

Tepatnya pada 25 Mei 2017, PT Gagan Indonesia / distributor Vans di nyatakan pailit oleh PN Jakpus, berita ini sontak membuat gempar para penggemar Vans ataupun Street Shoes di Indonesia. Perlu di ketahui Vans bukan satu-satunya merk yang distribusinya melalui PT Gagan Indonesia, dan seringnya PT Gagan Indonesia di sebut sebagai distributor sepatu, tapi kalau di lihat dari beberapa merk yang di pegang, bisa di katakan PT Gagan itu adalah distributor fashion, terlihat dari beberapa merk lainnya seperti Quick Silver, Roxy, Adidas dan bebe.

Alasan utama tumbangnya perusahaan adalah murni di karenakan hutang, terbukti dari beberapa merk yang di pegang, kebanyakan merknya memiliki posisi sangat kuat di pasar, secara rasional tidak mungkin perusahaan bisa tumbang oleh alasan lain.

7 Eleven

7 Eleven adalah sebuah perusahaan ritel, yang mirip dengan Indomaret dan Alfamart, bedanya di 7 Eleven menyediakan tempat untuk nongkrong layaknya kafe. Lantas kenapa perusahaan ini bisa tumbang, penyebabnya bukan karena kalah bersaing, bukan juga sistem yang rumit, yang katanya harus buka 24 jam, kalau di banding dengan Indomaret dan Alfamart, dua ritel tersebut bisa bertahan meskipun menggunakan sistem yang sama. Perlu di ketahui 7 Eleven tumbang karena kehilangan identitas, beberapa orang menyebut 7 Eleven sebagai ritel ada juga yang menyebut sebagai kafe, lebih parahnya lagi jika orang tersebut baru mendengar namanya, 7 Eleven di sebut sebagai toko sepatu ada juga yang menyebut sebagai toko baju, alasan utama adalah pemberian nama pada produk yang bikin orang lain bingung, jika orang baru melihat spanduk dari 7 Eleven mikirnya pasti ke toko baju / sepatu dan akhirnya menjauh. Jadi pemberian nama dan penguatan identitas pada perusahaan itu sangat penting, karena berdampak besar bagi konsumen.

Nyonya Meneer

Baru saja beritanya menjadi heboh, mungkin kalian mengira perusahaan ini tumbang karena hutang, setelah di telisik lebih lanjut, perusahaan bisa tumbang karena tidak melakukan inovasi, kalian mungkin pernah menggunakan produk dari perusahaan ini, jujur saja lebih sering mana dengan penggunaan produk dari Sido Muncul. Ketika perusahaan lain mengeluarkan produk untuk beberapa kalangan, perusahaan ini hanya mengeluarkan produk untuk satu kalangan saja, yaitu untuk orang jaman dulu yang sudah tua, jadi intensitas penggunaan jamu sangat jarang sekali, pemasukan perusahaan jadi terhambat dan akhirnya hutang jatuh tempo datang. Semoga perusahaan cepat bangkit, karena sudah lama sekali berdiri dan memberikan manfaat bagi banyak orang.
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...

Blog Archive