Mahasiswa Harus Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

loading...

Mahasiswa di wajibkan memiliki NPWP, di kabarkan dari Pemerintah melalui menteri keuangan mereka ingin memberlakukan kebijakannya untuk menyusul wajib pajak baru, hal ini di berlakukan untuk semua mahasiswa.

Bambang P.S Brodjonegoro selaku menteri keuangan, akan melakukan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, untuk memberlakukan kebijakan ini kepada mahasiswa secara menyeluruh, mereka berharap target kepemilikan NPWP bisa bertambah setiap tahun.

Munculnya kebijakan wajib pajak bagi mahasiswa, di karenakan, mahasiswa sebagai murid sekolah tertinggi, sebentar lagi akan memasuki dunia kerja, dalam dunia kerja NPWP sangat di perlukan.

Dalam hal ini kebijakan wajib pajak untuk mahasiswa, bukan berarti mereka harus membayar pajak, melainkan di lakukan untuk membangun kesadaran sedini mungkin supaya mengetehui tentang wajib pajak. Sebab umumnya mahasiswa belum memenuhi syarat pendapatan tidak kena pajak (PTKP),  karena penghasilan mereka masih di bawah 36 juta pertahun.

Keterangan dari Bambang P.S Brodjonegoro bahwa wajib pajak bisa membantu dalam pembangunan infrastuktur dan mengurangi kemiskinan dalam negeri, karena masalah tersebut menjadi masalah utama untuk segera di selesaikan. Mahasiswa juga harus paham betul tentang NPWP, supaya mereka bisa memberi tahu kepada kedua orang tuanya tentang syarat dan kebijakan untuk memiliki NPWP, karena menurut Bambang P.S Brodjonegoro masih banyak orang tua dari mahasiswa yang belum membayar pajak.

M. Natsir sebagai Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, mengatakan akan melakukan sosialisasi pada setiap pertumuan di dalam materi kuliah. M. Natsir sendiri sangat setuju dengan adanya proyek NPWP bagi mahasiswa, karena mahasiswa bisa jadi aset pajak di masa depan.

Sungguh miris dari data ditjen pajak, mengungkapkan sebanyak 127 juta orang hanya sekitar 27 orang yang memiliki NPWP, itu menjadi bukti bahwa masyarakat masih belum begitu paham tentang NPWP. Pemerintah menargetkan pendapatan dari NPWP pada tahun ini bisa meningkat, dan di harapkan bisa mengejar target, karena pada tahun ini target wajib pajak pribadi, mencapai Rp. 1360 triliun.

loading...
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...

Blog Archive