Orang Dalam Curi 600 Ton Beras, Bulog Jateng Rugi Rp6 M

loading...
Pencurian Beras sebanyak 600 ton terjadi di gudang Bulog yang terletak di Randugarut, Semarang, Jawa Tengah. Diduga pelaku yang telah merugikan Bulog sebesar Rp6 M , merupakan ulah dari orang dalam.

Kasus terungkap setelah adanya laporan dari karyawan bagian gudang Bulog, yang kemudian di selidiki oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) Bulog dari wilayah Jawa Tengah.

Karena di Bulog ada sistem yang bernama Whistle Blowing System (WBS), setelah adanya laporan tidak butuh waktu lama Bulog langsung melakukan penyelidikan melalui pengawas Internal.

Dari hasil penelusuran SPI ternyata benar Bulog telah kehilangan beras sebanyak 600 ton, setelah adanya hasil dari penyelidikan yang telah  merugikan negara sebesar Rp6 M itu, Bulog kemudian melaporkannya ke Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah.

Modus yang di lakukan pelaku adalah mengelabuhi dengan mengosongkan bagian tengah dari tumpukan beras, pemeriksaan itu di lakukan oleh penyidik Kejaksaan Tinggi.

Karena posisi tumpukan yang berada di gudang menjulang tinggi keatas, oleh pelaku bagian tengahnya di kosongi, terus supaya tidak kelihatan, bagian pinggirnya di tutup menggunakan karung beras.

Penyidik melakukan pemeriksaan terhadap 5 saksi diantaranya kepala gudang dan juru timbang yang sekarang sudah di berhentikan untuk sementara.

Menanggapi hal itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meminta proses hukum untuk segera mencari pelakunya dan secepatnya kasus di tuntaskan, Ganjar juga menuturkan pelakunya harus di cari jika orang dalam langsung pecat dan proses secara hukum, jangan sampai modus yang di lakukan pelaku, juga di lakukan oleh pihak lain di gedung yang lain.

Jika di lihat dari proses yang di lakukan untuk menghilangkan beras sebanyak 600 ton, kemungkinannya di lakukan secara bertahap dan teratur yang sudah berjalan sejak lama. Bukan hanya itu ke khawatiran pemerintah untuk kasus ini, jika modus yang sama juga di lakukan di beberapa gedung yang lain, otomatis kerugian negara jauh lebih besar, untuk itu penyelidikan harus segera di lakukan di berbagai wilayah yang terdapat gedung Bulog.

loading...
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...

Blog Archive