5 Keunggulan Dari Smartphone Namun Membahayakan


Smartphone di jaman ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, lantaran banyaknya keunggulan dari pada HP jaman dulu. Kalau kita ingat dulu Smartphone hanya bisa mengirim SMS atau cuma menggunakannya untuk telepon, namun kini  kita tinggal sentuh layar dan semua urusan selesai, selama smarphone kamu tersambung ke internet.

Semua urusan sangat mudah di lakukan, mau beli makanan, pulsa atau bahkan tiket, kita tinggal duduk santai dirumah sambil menatap layar dan selesai. Tapi dengan keunggulan semacam itu bukan berarti kita bisa hidup nyaman, semua mempunyai resiko, kadang kita bisa melihat temen yang iseng jahil dengan mengupdate sesuatu yang bikin kita jengkel ke aplikasi chat atau ke media sosial kita, iya kalau yang iseng temenmu yang sudah akrab, lha terus kalau seandainya yang di buka adalah aplikasi penting semacam mobile banking, kita yang akan rugi. Biar lebih mendalam lagi kita telusuri apa saja yang perlu di waspadai dari keunggulan smartphone.

Belanja online bikin datamu terancam
Memainkan smartphone
Ketika berbelanja online, kita tidak sengaja akan membagikan semua data informasi yang kita miliki seperti no handphone, email dan alamat rumah. Iya kalau belanjanya di tempat yang sudah terpercaya, hal semacam ini tidak akan akan terjadi, tapi jika kita membutuhkan sesuatu yang jarang ada, terpaksa lah berbelanja ke tempat yang belum pernah kita kenal sama sekali, bisa jadi itu tempat penipuan atau hanya sekedar untuk mencuri alamat penting.

Password aplikasi satu untuk semua

Amankan password aplikasi
Jika kalian aktif menggunakan smartphone, sebaiknya jangan pernah menggunakan satu password ke berbagai aplikasi kalian, tidak mau kan semua datamu hilang begitu saja jika satu orang mengetahui password dari satu aplikasi, yang paling berbahaya jika kalian sering melakukan transaksi online untuk belanja, bayar listrik, dan bayar keperluan lain, karena dalam bertransaksi mobile bangking hanya perlu menggunakan sebuah PIN yang akan di terima melalui nomer hp.

Pembajakan media sosial
Waspada password medial sosial
Dulu ketika kita ingin melakukan login kesuatu media sosial, kita masih memerlukan yang namanya username dan password. Tapi sekarang ini setelah muncul berbagai aplikasi, kemudahan untuk masuk ke media sosial semakin mudah, kita tinggal pencet aplikasinya dan langsung terhubung ke akun kita, seperti halnya Facebook, Twitter dan Instagram. Yang perlu di waspadai dengan kemudahan ini adalah memakai beberapa aplikasi untuk tidak bisa langsung mengakses ke akun, jika suatu hari nanti smartphone kamu terjatuh dan hilang, media sosial kalian akan tetap aman.

Aplikasi pembayaran membahayakan uangmu
Pembayaran melalu mobile banking
Penggunaan aplikasi pembayaran mempermudah diri kita dalam melakukan transaksi seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik dan belanja online. Semua sarana itu bisa di nikmati melalui mobile banking, jadi kita tidak perlu ribet kaluar rumah untuk mendpatkan apa yang kita inginkan. Tapi ingat meskipun mudah, kalian harus tetap waspada terhadap orang-orang sekitar, kita tidak tahu siapa saja yang akan melakukan iseng terhadap smartphone kita.


Bukannya menakuti atau ingin melarang penggunaan smartphone, dengan kemudahan yang dimiliki kita tetap harus waspada, karena semua penggunaan tehnologi memiliki sebuah resiko.

Tunggu