Benda Terbesar Yang di Buat Oleh Manusia



Pesatnya kemajuan tehnologi, membuat manusia rela menciptakan sesuatu benda meskipun ukurannya sangat besar, semua itu di dasarkan untuk mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan atau sekedar untuk membantu meringankan pekerjaan. Beberapa benda terbesar yang pernah di buat oleh manusia sebagai berikut.

Bagger 288 mesin penggali terbesar
 
Bagger 288
Mesin penggali ini di produksi di negara jerman, oleh perusahaan yang bernama Krupp, di buat untuk mempermudah laju penambangan energi dan batu bara yang oleh perusahaan Rheinbraun. Alat ini selesai di buat pada tahun 1978, tingginya mencapai 95 meter dengan panjang 215 meter, dan memiliki berat yang mencapai 13.500 tons.

Setiap hari mesin ini mampu menggali 240 tons batubara. Bagger 288 terdiri dari dua bagian utama, yaitu bucket-wheeler excavator berfungsi sebagai penggali, dan crawler transporter sebagai penopang atau alat penggerak dari mesin tersebut. Perlu di ketahui bagger 288 memiliki radius putar sekitar 100 meter dan mampu memanjat dengan ketinggian 1:18.

Namun pada tahun 2002, bagger 288 melakukan perjalan yang terakhir setelah menempuh jarak sekitar 21 kilometer, butuh waktu tiga minggu untuk sampai ke lokasi. Bukan cuma perjalanannya yang menyusahkan, para pekerja lain bahkan ikut membantu memberi pasir dan rumput khusus ketika melewati rel, beberpa tiang listrik pun harus di pindah ketika mesin ini lewat.

Takraf RB293

Takraf RB293
Lagi benda terbesar yang kedua adalah mesin saingan dari Bagger 288, exkavator ini juga di buat oleh Jerman, akan tetapi perusahaan yang membuat berbeda, mesin ini di buat oleh Takraf Industry dan telah tercatat sebagai kendaraan terberat di dunia oleh Guinness World Record, setidaknya butuh waktu 5 tahun untuk menyelesaikan pembuatan. Memiliki tinggi yang mencapai 94 meter dengan panjang 200 meter, dan beratnya 14.196 tons. Bucket yang di miliki dengan diameter 70 meter bisa di gunakan untuk mengangkat 20 kubik material, dengan total perhari mencapai 240.000m kubik material. Dalam mengendalikan mesin ini setidaknya di butuhkan 5 orang dengan memegang kendali setiap bagian.

Hadron Collider

The Large Hadron Collider

Mesin yang satu ini merupakan mesin yang terbesar di dunia, namun kegunaan dari mesin Hadron Collider hanya untuk mengetahui dan mempelajari struktur  terkecil dari sebuah benda yaitu struktur atom. Ubtuk membangun Hadron College setidaknya butuh waktu selama 40 tahun dari tahun 1971 dan selesai pada tahun 2008.

Kadang orang menyebutnya sebagai kulkas raksasa di karenakan ketika pengoperasian akan menggunakan pendingin yang mencapai – 271 derajat Celcius menggunakan helium cair. Lokasi mesin terletak di Jenawa, Swiss, dan memiliki luas keliling mencapai 17 mil dengan kedalaman 574 meter di bawah tanah.

Bertha

Mesin bor terbesar
Bayangkan sebuah mesin bor dengan panjang 91 meter dengan berat mencapai 7000 ton dan memiliki diameter mencapai 17,5 meter, sangat besar bukan. Namun sayangnya pada 6 Desember 2012 lalu mesin ini resmi di hentikan, walau bagaimana pun tetap saja mesin ini masuk dalam kategori mesin terbesar yang pernah di buat oleh manusia.

Robot laba-laba terbesar

Robot laba-laba
Jika kalian takut dengan laba-laba mending jangan pernah dekat dengan robot yang satu ini, meskipun hanya sebuah robot mesin ini akan memberi mimpi buruk bagi kalian. Robot laba-laba ini memiliki berat hingga 37 ton, tinggi 25 meter dan 50 sumbu hidrolik untuk bergerak. Setidaknya ketika untuk membuat robot berjalan, membutuhkan 12 pengemudi dan 16 mesin penderek. Banyak yang merasa takut bahkan ada yang memilih bersembunyi ketika melihat mesin ini berjalan.

Mesin penjual terbesar

Pusat perbelanjaan memiliki cara tersendiri demi menarik perhatian pelanggan, salah satunya yang di lakukan oleh pusat perbelanjaan, di Kuala Lumpur, Malaysia, Berjaya Times Square. Mereka membuat mesin tersebut untuk memperingati ulang tahun yang ke sepuluh, dengan cara membuat mesin penjual otomatis terbesar di dunia.

Membutuhkan sekitar 6 bulan untuk bisa membuat mesin tersebut dan butuh waktu sekitar 7 minggu untuk menyatukannya, mesin ini mempunyai berat 3 ton dan berdiri di atas beberapa lapisan kayu.

Prelude kapal terbesar di dunia
Prelude
Prelude adalah kapal terbesar yang pernah di buat, kapal tersebut pertama kali turun di wilayah perairan Korea Selatan. Pada dasarnya kapal tersebut hanya di gunakan untuk menampung gas alam yang berupa pengumpulan, pemrosesan, dan penyimpanan.

Panjang kapal Prelude 487 meter dan lebar 74 meter, dengan berat jika kapal penuh bisa mencapai 600.000 ton. Selain itu juga tangki yang di gunakan untuk penyimpanan itu memiliki kapasitas 175 kolam renang olimpiade.
Tunggu