Fakta Tentang Panda, Hewan Yang Memiliki Sifat Unik dan Menggemaskan

Panda telah menjadi maskot China, yang kini telah menjadi populer dari pada jenis beruang lain. Meski terlihat imut dan menggemaskan panda merupakan hewan yang ganas. Banyak sekali yang menjadi korbannya, termasuk di beberapa kebun binatang yang terdapat di China, kebanyakan merupakan keteledoran pengunjung yang dengan sengaja mengganggu atau secara tidak berhati-hati mendekat ke dalam kandangnya.

Kalian pasti banyak yang suka dengan hewan yang satu ini, selain menggemaskan juga cukup unik, dari kalian pasti ada yang menjadi fanatik dengan panda, bahkan sampai mengkoleksi pernak pernik yang mencirikan hewan tersebut, tapi apakah kalian sudah mengetahui tentang tata cara mereka menjalani hidup atau tentang fakta yang mungkin saja belum pernah kalian dengar di beberapa hewan lain, berikut fakta tentang panda yang bisa membuat kalian makin gemes dengan tingkah mereka.

Pola bulu panda yang begitu unik

Panda sedang beristirahat

Sekilas jika kita melihat panda, seolah hewan tersebut memiliki bulu yang menyerupai baju,  memakai kaos kaki hitam di bagian kakinya, mempunyai eyelainer di bagian matanya dan telinga bandana ala mickey mouse. Kenapa bulu hitam pada panda cuma tumbuh di beberapa bagian antara kaki, mata dan telinga, pola tersebut sangat jarang kita lihat pada hewan lain, pada umumnya pola bulu yang terdapat pada hewan lain adalah pola belang dan pola tutul.

Perbedaan yang terjadi pada bulu panda membuat para ilmuan penasaran, kenapa panda memiliki pola seperti itu sedangkan hewan lain tidak ??

Karena hal itu para ilmuan akhirnya melakukan penelitian tentang panda, dengan cara mencocokan bagian tubuh panda terhadap hewan lainnya. Peneliti dari University of California dan California State University mencoba membandingkan warna hitam putih yang terdapat pada 39 spesies beruang dan 195 spesies karnivora, serta melakukan banding terhadap lingkungan serta pola hidup dari hewan tersebut.

Hasil dari penelitian mendapatkan fakta bahwa pola bulu panda di gunakan untuk menyamarkan diri dari dua kondisi yang berbeda di wilayah pegunungan China tengah. Selain itu juga bulu panda di gunakan sebagai tanda pengenal terhadap kawanannya atau musuhnya.

Sedangkan bulu yang menyerupai kaos kaki, di gunakan untuk bersembunyi di balik rerumpunan pohon bambu, karena dalam waktu tertentu ketika suhu sedang panas panda akan berdiam dan memilih lingkungan untuk menjaga suhu tubuhnya di dalam hutan bambu.

Bulu hitam yang melingkar di matanya di duga untuk berkomunikasi dengan lawan jenis atau memberi peringatan terhadap pesaingnya. Sedangkan fungsi bulu pada telinga menandakan sinyal peringatan terhadap predator untuk segera menjauh.



Panda menjadi simbol perdamaian di Tiongkok

Panda simbol Ying dan Yang
Sudah lama sekali panda di gunakan sebagai simbol perdamaian di Tiongkok, dahulu kala ketika suku berperang dan ingin berdamai mereka akan mengibarkan bendera dengan gambar panda. Filosofi yang terdapat pada panda adalah Ying dan Yang, masyarakat di sana percaya bahwa sifat panda yang lembut menandakan adanya sebuah keselarasan, kedamaian dalam keseimbangan.

Panda memiliki arti penting terhadap kehidupan manusia, dari mulai warna, makanan dan tingkah lakunya mempunyai makna tersendiri. Warna hitam yang terletak pada panda terdapat di bagian tangan dan kaki serta di bagian indra yang terdapat pada manusia, warna hitam adalah bagian di mana manusia memiliki banyak dosa dari bagian tersebut, hewan panda sering di sebut omnivora yang secara tidak langsung akan mengarah kepada manusia, dan juga tingkah laku panda yang kadang bisa terlihat kalem dan juga galak, banyak yang mengartikan tingkah laku panda adalah Ying dan Yang simbol dari baik dan buruk.

Legenda asal warna hitam dan putih pada panda

Gadis bermain dengan panda

Pada awalnya semua panda hanya berwarna putih, ketika itu ada seorang gadis yang berteman dengan panda. Suatu hari gadis tersebut berjalan melalui hutan bambu, di tengah perjalanan dia melihat seekor panda yang sedang di serang oleh macan tutul, kemudian gadis itu membantu panda yang sedang kesusahan menghadapi perlawanan, gadis tersebut lantas menggunakan bambu dan memukulkannya ke macan tutul. Macan tutul pada akhirnya kalah, namun sang gadis juga mendapat luka yang serius, hingga akhirnya gadis tersebut meninggal dunia.

Pada pagi harinya semua panda melakukan upacara pemakaman, karena rasa hormat dan rasa kehilangan yang begitu mendalam terhadap gadis tersebut, semua panda sepakat untuk melabur kakinya dengan abu, sebagai tanda atas duka di upacara pemakaman tersebut.

Ketika panda mencoba mengusap air matanya, abu tersebut lantas menempel di sekitar mata, juga ketika mereka berpelukan abu tersebut mengelilingi bagian punggung, dan ketika panda menyumbat telinganya karena tidak tahan mendengar suara tangis dari yang lain, warna hitam akhirnya melekat pada telinga.

Bayi panda yang baru lahir hanya seukuran tikus


Bayi panda yang baru lahir

Bagaimana jadinya ketika hewan segede itu ngelahirin anaknya cuma sekecil tikus, betapa mengerikannya bukan jika induk panda tidak sengaja duduk dan menggencet si bayi, dan itu menjadi penyebab dari kebanyakan kematian bayi panda. Kalau di rata-rata berat induk panda adalah 140 Kg sedangkan berat bayi panda adalah 140 gram.     

Kebanyakan kebun binatang akan segera memisahkan bayi panda dengan induknya segera setelah lahir, apalagi yang terlahir kembar, mereka akan memisahkan dan menaruhnya ke dalam ruang inkubator untuk membantunya supaya bisa bertahan hidup. Setelah beberapa minggu bayi tersebut akan di kembalikan ke induknya, jika bayinya kembar yang satu akan tetap di urus oleh pihak kebun binatang.

Panda menjadi logo WWF (World Wild Foundation)

Logo organisasi WWF


WWF adalah organisasi yang di dirikan oleh beberapa orang di antaranya adalah ahli biologi Sir Julian Huxley, Pangeran Bernhard Belanda, Max Nicholson dan pelukis Sir Peter Scott pada 1 September 1961. Kini WWF telah menjadi organisasi lingkungan terbesar di dunia.

Ketika awal pembentukan mereka mulai mencari sebuah simbol yang bisa mengidentifikasikan tentang organisasi WWF. Pada tahun 1961 sketsa pertama di desain oleh Gerald Watterson, terus di lanjutkan dengan penyempurnaan oleh Sir Peter Scott, yang melatar belakangi penggunaan logo panda adalah karena panda merupakan hewan yang indah, hampir punah dan di sukai banyak orang,  kerena pada saat itu kekurangan biaya maka untuk mencetak logo hanya bisa dengan warna hitam dan putih. Semenjak itu panda akhirnya menjadi pilihan untuk menunjukan

Inspirasi pengambilan panda adalah ketika adanya kunjungan panda raksasa dari China ke Belanda pada tahun 1961, dan berhasil menarik minat dari kalangan orang Eropa.

Hanya makan bambu namun panda tetap gemuk

Panda sedang makan bambu

Panda memiliki ukuran yang besar, tapi kenapa panda bisa bertahan hidup hanya dengan mengkonsumsi bambu. Para ilmuan China dari Institut Zoologi di Beijing telah melakukan penelitian dan mendapati bahwa panda hanya menghabiskan energi 38 persen di banding dengan hewan lain.

Penelitian di lakukan pada kebun binatang yang berada di Beijing, dan menggunakan tiga ekor yang berada di alam liar wilayah Provinsi Shaanxi, China. Dengan car menyuntikan air yang mengandung isotop dan oksigen ke hewan itu.

Setelah dua pekan para penetili akan mengambil sampel darah dari panda. Dengan tujuan untuk mengecek berapa banyak air kaya nutrisi tersebut, habi dalam tubuh panda. Ternyata panda perharinya hanya menghabiskan 4,6 megajoule energi perhari, setara dengan menggunakan 1100 kalori perhari, untuk hewan yang berbobot sekitar 90 Kg, konsumsi yang di lakukan terbilang sangat rendah.

Jika di bandingkan dengan hewan koala yang katanya hewan tersebut adalah hewan yang lamban dan lesu,  ternyata panda masih kalah jauh soal penggunaan energi, jika panda 38 persen koala bisa mencapai 60 persen penggunaan energi di banding hewan seukuran, tapi jika di bandingkan dengan kukang, energi yang di habiskan sama, kukan menggunakan 36 persen energinya di banding dengan hewan yang berukuran sama.

Sejumlah besar hewan seukuran panda akan menghemat energi dengan cara berhibernasi, atau dengan cara menyeimbangkan metabolisme tubuh secara singkat. Tapi ternyata panda tidak melakukan kedua hal tersebut.

Para peneliti melakukan pemantaun terhadap panda setiap 100 menit sekali dan mencatat semua kegiatannya, ketika panda sedang makan, duduk dan tidur. Sementara untuk mengetahui kegiatan di alam liar, para ilmuan menggunakan GPS untuk memantau setiap pergerakan.

Ternyata panda dalam kandang dan di alam liar itu sama, mereka tidak banyak bergerak, jika panda dalam kandang 33 persen dari waktunya maka ketika panda di alam liar hanya aktif 49 persen, kecepatan rata-rata pergeraakan panda adalah 26,9 meter per jam.

Faktor lain di duga karena metabolisme mereka yang rendah, para peniliti mengungkap organ internal merupakan peranan penting dalam mengetahui metabolisme.

Sedangkan organ yang di miliki panda banyak berukuran kecil, contohnya otak panda 17 persen lebih kecil di banding dengan mamalia plasental lain, sedangkan ginjalnya 25 persen lebih kecil dan livernya 37 persen lebih kecil.

Level hormon teroid pada panda di dalam kandang adalah 36-53 persen lebih rendah dari mamalia seukuran mereka. Dari fakta di atas di ketahui, meski tubuh panda besar, mereka akan tetap bertahan hidup hanya dengan mengkonsumsi bambu.

Predator yang membikin punah panda

Penelitian tingkah macan tutul

Meskipun panda termasuk dalam golongan beruang namun dari segi kekuatan panda tidak sebanding. Beruang bisa di katakan menjadi predator utama di wilayahnya, sedangkan panda karena sifat yang tidak begitu ganas menjadi sasaran empuk bagi predator lain, berikut di antara predator yang sering menyerang panda

Macan tutul, hewan ini sering di temukan di sekitar wilayah asia, yang termasuk sebagai wilayah hutan hujan dan rerumputan. Macan tutul biasanya akan memangsa rusa atau kancil, mereka memangsa yang sebanding dengan tubuhnya, namun ketika tidak dapat buruan macan tutul akan memangsa hewan lain termasuk panda. Untuk sekarang macan tutul salju yang berhabitat dengan panda sekarang juga terancam punah.

Anjing liar,  anjing biasanya akan memburu anak panda, di karenakan ibu panda hanya merawat satu anak saja maka kemungkinan anak yang lain akan jadi buruan anjing liar. Jika ibu panda di serang oleh kawanan anjing yang cukup besar, ibu panda akan meninggalkan kedua anaknya yang pada akhirnya akan jadi korban. Bukan cuma ancaman anjing liar namun ketika petani membuka lahan baru, anjing ternak mereka akan dengan sengaja menyerang panda.

Masa pertumbuhan panda

Bayi panda umur 15 hari

Panda akan hamil sekitar 95-165 hari, dalam melahirkan setidaknya panda akan memiliki dua anak, namun ketika di alam liar kemungkinan hidup untuk bayi tersebut sangatlah kecil. Bayi panda terlahir dengan mata tertutup, sampai pada minggu ke 6-8 baru mata panda akan terbuka. Pada masa itu bayi panda akan selalu bergantung pada ibunya. Meskipun saat lahir ukuran bayi panda hanya sebesar tikus namun di tahap pertumbuhan, bayi panda akan cepat membesar apalagi pada bulan ke 5. Selama pertumbuhan bayi panda akan meniru semua perilaku ibunya, termasuk berjalan, memanjat pohon atau memakan bambu. Lalu setelah usia bayi panda mencapai dua tahun dia akan segera meninggalkan ibunya, dan memulai hidup dengan berkembang biak sendiri.

Panda termasuk hewan omnivora

Ekspresi ganas seekor panda

Panda merupakan hewan omnivora atau pemakan segalanya, dari mulai rerumputa bambu, telur, daging dan segela sesuatu yang tidak mengandung racun. Ketika panda memakan bambu berarti mereka sedang diet.

Dalam mengunyah makanan, seperti ketika mengkonsumsi bambu, mereka seolah melakukan kegiatan makan tanpa henti dan mengunyah dengan cepat. Sebab  panda selain memiliki gigi runcing, juga memiliki tenggorokan yang di rancang khusus untuk menahan dari gesekan bambu.


Jia Jia menjadi panda tertua berumur 38 tahun atau 114 tahun jika umur manusia

Jia Jia panda tertua

Pada umumnya panda memiliki masa umur di bawah 20 tahun, namun panda yang terdapat di China umurnya telah mencapai 38 tahun. panda itu bernama Jia Jia yang pada 2016 kemarin telah meninggal di Ocean Park, Hongkong. Sebelum meninggal Jia Jia hanya mengkonsumsi makanan yang sedikit, konsumsi makanannya setiap hari menurun yang mengakibatkan berat badannya juga ikut turun.

Jia Jia merupakan pemberian dari Tiongkok untuk Hongkong pada tahun 1999, karena umurnya Jia Jia menjadi panda yang terunik daripada yang lain. Sebelum meninggal Jia Jia telah memiliki 6 keturunan, semua menjadi hewan yang di lindungi. Atas umur panjangnya Jia Jia mendapatkan Guiness World Record sebagai panda tertua di dunia.

Panda suka nonton film porno
Jangan salah yang di pertontonkan ke panda bukan film pornonya manusia, melainkan film yang memperlihatkan panda sedang berhubungan intim. Dengan menggunakan film tersebut panda akan mulai begairah, cara yang di lakukan bisa mendorong hasrat berkembang biak dari panda lain. Menurut beberapa sumber panda hanya mau melakukan perkawinan ketika di pertontonkan dengan film blue. Bahkan film merupakan hal terpenting dalam menjaga hasrat seekor panda supaya tidak cepat punah.

Panda bikin untung restoran ini sampai Rp 1 Triliun

Panda di kebun binatang Ueno

Kelucuan yang di miliki panda juga berdampak positif bagi restoran ini, pasalnya restoran yang berada di Jepan berdekatan langsung dengan Kebun Binatang Ueno, Tokyo, Jepang. Restoran yang bernama Totenko Co mendapat keuntungan yang cukup fantastis bahkan mencapai 1,1 Triliun, hal itu di sebabkan setelah adanya kelahiran bayi panda yang sontak membuat para ppengunjung berdatangan secara masa.

Pihak restoran akan mengumumkan jika terjadi sesuatu pada panda termasuk perkawinan dan melahirkan. Hal itu di lakukan supaya bisa mendapat keuntungan lebih pada restorannya, bahkan keuntungan yang di dapat bisa mencapai peningkatan 9,9 persen.

Pada tahun 2012 juga, restoran mengalami peningkatan tajam saat bayi panda terlahir, namun panda itu tidak bisa hidup lama karena pneumonia. Pihak restoran mengatakan kebun binatang yang berada di dekatnya dengan memiliki panda, maka pendapatan restoran akan meningkat tajam, terutama pada masa kawin dan beranak.

Tidak melulu berwarna hitam putih tapi terkadang juga berwarna coklat putih

Panda bewarna coklat putih

Situasi dan kondisi warna panda tidak selalu sama, pada tahun 2009 panda coklat putih terlahir di Provinsi Shaanxi sebelah barat China. Fenomena ini sangat langka bahkan hanya terdapat 5 ekor panda yang memiliki bulu coklat putih.

Di ketahui panda yang terlahir dengan bulu coklat putih telah ada sejak tahun 1985, namun hingga kini yang tersisa hanyalah panda yang bernama Qi Zai ini, dari kasus yang ada warna panda biasanya di dapat dari silsilah keturunan. Menurut peneliti gangguan seperti ini di sebabkan adanya masalah genetik saat sedang melakukan perkawinan.

China menggunakan panda sebagai motif untuk pembangkit tenaga listrik

Motif panel surya dari China

Hamparan listrik tenaga yang baru di bangung dengan skala besar, dengan luas 250 hektar yang berada di Datong, China. Namun yang bikin kaget adalah motifnya yang merupakan maskot dari negara China yaitu seekor panda. Pembangunan di lakukan oleh perusahaan Merchants New Energy Group (CMNEG), yang merupakan operator energi terbesar di negara China.

Tahap pertama yang meliputi tenaga pembangkit sebesar 50 MW telah usai sejak 30 juni lalu, dan telh berhasil menyalurkan ke beberapa daerah yang berada di wilayah China Barat Laut. Sedangkan proyek kedua akan rampung dan mulai menyalurkan listrik ke berbagai wilayah pada akhirr 2017 nanti, hamparan panelnya akan mencapai sekitar 250 hektar.

Pihak operator mengatakan pembangkit listrik ini akan mampu menyalurkan tenaga 3,2 miliar kilowatt per jam yang akan mencapai umur sampai 25 tahun ke depan. Pembangkit tenaga surya itu akan di gunakan untuk mengganti batu bara yang selama ini china masih belum bisa lepas dari bahan tersebut, dan dengan begitu emisi karbon dapat berkurang sebanyak 2,74 juta ton.

Seperti di ketahui China telah rusak dengan polusi yang di sebabkan oleh batu bara, sebab China memiliki banyak tambang besar di beberapa wilayahnya, karena hal itu banyak korban jiwa akibat polusi di China.

Pada akhirnya CMNEG melakukan kerjasama dengan Program Pembangunan PBB (UNDP) untuk membuat tenaga pembangkit listrik yang ramah lingkungan yang kini di kenal sebagai “Pembangkit Listrik Panda.”

Proyek pembangkit listrik tenaga panda di harapkan dapat membuat kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, khususnya untuk kalangan pemuda dari China. Kelompok tersebut berniat terus mengembangkan panel surya panda sampai lima tahun ke depan, supaya semua dataran China bisa mendapatkan suplai dari sana.

Panda merah dan panda raksasa adalah spesies berbeda

Panda merah

Meskipun namanya terdapat kata panda namun panda merah bukanlah jenis dari beruang, namun lebih ke sejenis rakun. Pada awalnya panda merah di golongkan dengan sejenis beruang, bahkan sudah lama sekali penggolongan tersebut, hal itu terjadi karena penggunaan study masa lampau yang belum mengenal istilah study genetika, melainkan masih menggunakan studi morfologi dan fisiolog untuk mengelompokkan hewan.

Kenapa harus DNA yang di jadikan tolak ukur?? Sedangkan DNA terus berubah dan hampir mustahil suatu ketika DNA akan mirip dengan pendahulunya yang telah berevolusi ratusan tahun. Setelah di temukan identifikasi menggunakan sistem genetika, kita telah mengetahui kemiripan DNA akan menjadi standar yang kuat. Dasarnya jelas DNA adalah sebuah variasi fisik, penggunaan DNA juga bisa di gunakan untuk mengetahui posisi pohon evolusi hewan tersebut. Dengan menentukan posisi DNA kita bisa mengetahui posisi yang mana dan dari mana.
Tunggu