Pernah Hilang, Patung Buddha Berumur 1000 Tahun Akhirnya di Temukan

loading...


Awal mula kontroversi patung Buddha mencuat setelah adanya siaran tv yang menayangkan sebuah pameran benda antik yang berada di museum sejarah, Hungaria, Budapest. Pada waktu itu ada seorang warga dari desa Yangchun yang tidak sengaja melihatnyatnya ketika siaran tengah berlangsung.

Setelah adanya informasi tersebut, sekelompok penduduk berniat untuk mengambil kembali dari tangan kolektor benda antik asal Belanda. Mereka mengklaim bahwa patung tersebut berasal dari  mumi Zhanggong Zushi, seorang guru Buddha yang sangat di hormati, mereka juga mengatakan patung itu telah di curi pada tahun 1995 di sekitar wilayah China Tenggara.

Kolektor yang bernama Oscar Van Overeem sekaligus pemilik dari patung Buddha, pernah mengatakan untuk mengembalikannya, namun janji itu di batalkan lantaran pihak China tidak menyetujui persyaratan yang di berikan yaitu sebuah bayaran yang layak. Mr. Van Overeem juga pernah mengelak dan mengatakan mungkin saja patung tersebut bukanlah patung yang telah di curi dari Yangchun.

Kolektor Mr. Van Overeem di ketahui mendapatkan patung tersebut, setelah membeli dari kolektor lain pada tahun 1996 dengan harga 40.000 gulden ( Rp 250 juta). Setelah di telusuri ternyata patung itu berasal dari seorang seniman asal China, dan pada tahun 1994-1995 seniman tersebut telah menjualnya ke Eropa.

Meskipun begitu tim hukum yang berasal dari China di pimpin oleh Liu Yang mewakili semua penduduk, sangat yakin bisa memenangkan gugatan dan mengambil kembali patung yang menjadi kebanggan penduduk desa Yangchun tersebut.

Pada bulan Februari 2015, sekelompok ilmuan mengadakan penelitian terhadap patung tersebut, dan di dapatkan fakta bahwa patung yang memiliki tinggi sekitar 1,2 meter itu telah berumur 1000 tahun, ilmuan juga melakukan CT Scan, ternyata apa yang berada di dalamnya sangat mengejutkan, di ketahui ada sebuah kerangka manusia yang di yakini sebagai Zhanggong Zushi.

Tubuh yang berada dalam patung tersebut kemungkinan memang mumi dari Zhanggong Zushi, adalah seorang biksu yang menjadi tabib dan sebagai penyebar ajaran Buddis di wilayah Yangchun. Meninggal pada umur 37 tahun, setelah meninggal, tubuhnya di mumikan dan di tempatkan dalam patung. Kemungkinan terjadi pada era Dinasti Song China sekitar tahun 960-1279 M.
loading...
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...