Versi Bakso Dari Berbagai Negara

loading...


Bakso merupakan makanan yang mudah di jumpai, kita bisa menemukannya di  kota sampai ke pelosok desa.  Makanan yang sudah merakyat ini tidak cuma ada di Indonesia, melainkan sudah mendunia, bahkan banyak negara yang menyajikan bakso dengan konsep dan ciri khas tersendiri.

Penggemar bakso sangat banyak, tidak di batasi dengan umur, dari kalangan anak-anak sampai dewasa semua mengatakan hal yang sama dengan selera yang sama pula. Ketika cuaca sedang dingin makan bakso adalah pilihan, karena sensasi dari rasa bakso akan terasa lebih nikmat di banding ketika cuaca sedang panas, tapi semua itu tergantung selera.  Untuk yang menginginkan makanan ringan tapi bisa bikin kenyang, bakso adalah solusi terbaik, karena adanya kandungan daging yang terdapat dalam bakso.

Bakso di luar negeri di sebut Meat Ball, karena dalam proses pembuatan menggunakan bahan dari daging sapi yang telah di giling, di campur dengan tepung tapioka, lalu di bentuk bulat hingga menyerupai bola kasti.

Semakin lama bakso mengalami perkembangan, sehingga penyajian bakso kini terlihat lebih fleksibel, bermacam-macam varian bakso muncul, seperti bakso keju, bakso ikan yang memakai bahan dari ikan tongkol, dan juga ada bakso yang berisi buah-buahan. Kalau di Indonesia kita sudah tahu varian bakso sangat banyak, terus kalau penyajian bakso di luar negeri bagaimana?? Yang pasti mereka punya cara tersendiri dan bahkan berbeda untuk menyajikan bakso, Berikut ini versi bakso dari seluruh dunia.

Mexico – Bakso Albondigas

Bagi kalian yang merasa bosan dengan gaya olahan bakso biasa, mungkin bakso dari Mexico akan membuat kalian merasakan sensasi yang berbeda, memang dalam pembuatan tidak serumit yang kalian bayangkan, namun rasa bakso yang di dapat memberikan sensasi yang luar biasa. Bakso Mexico biasa di sebut sebagai Albondigas, cara penyajiannya sama seperti bakso pada umumnya, cuma bumbu yang di gunakan berbeda, bumbu yang di pakai antara lain ketumbar, cengkeh, bawang bombay dan kayu manis. Untuk mengkonsumsi bakso ini sebisa mungkin di barengkan dengan nasi, kentang dan sayuran.

Swedia – Bakso Kottbullar

Bakso yang satu ini memiliki ciri khas dari penggunaan sausnya, lantaran untuk menyajikannya akan memadukan mentega dengan saus lingonberry. Bakso Swedia juga sering di tumis tapi saus yang di gunakan juga berbeda, jika di tumis sausnya akan menggunakan varian susu, tepung dan kentang rebus. Tidak di ragukan lagi rasa dari bakso Swedia, karena bakso satu ini sudah terkenal dan mendunia, bahkan di beberapa kota dalam negeri sudah ada yang membuka restoran bakso dengan varian ini.

Amerika – Bakso Polpette

Banyak sekali masakan lokal yang sampai ke Amerika, seperti nasi goreng dan sate, tapi jarang yang mengetahui kalau bakso juga ada di Amerika, namun berbeda dengan bakso lokal pada umumnya. Bakso di Amerika di sebut Polpette, bakso khas dari Amerika tersebut menggunakan bahan keju sebagai bahan utama selain daging, bakso ini di konsumsi oleh masyarakat di Amerika Utara.

Italia – Italian Meatball

Italia mempunyai begitu banyak masakan yang telah mendunia, tidak kalah dengan masakan lain bakso sanggup mendapatkan penggemar tersendiri di sana. Dalam penyajiannya bakso Italia masih menggunakan bahan lokal asli, yang di campur dengan spagetti yang sudah menjadi ciri khas negara Italia.

Polandia – Bakso Pulpety

Bakso dari Polandia di buat menggunakan bahan yang lebih creamy. Pasalnya pembuatan bakso ini berbeda dengan kebanyakan bakso dari negara lain, pada umumnya bakso menggunakan bahan dari daging tapi bakso dari Polandia menggunakan sayuran, lantas sayuran tersebut di haluskan lalu di olah sedemikian rupa untuk menjadi bakso, kalau di lihat dari bahan pembuatannya lebih menekankan pada kesehatan.

Vietnam – Bo Vien

Bakso bo vien menjadi baksonya orang Vietnam, hampir tidak memiliki ciri khas karena dalam penyebarannya bakso bo vien di lakukan oleh pedagang asal China, jadi kebanyakan dari bakso ini mengadopsi tata cara orang China dalam memasak bakso yaitu menggunakan kuah dan mie sebagai pelengkap.

Yunani – Keftedes

Kalau di Yunani bakso akan di sajikan bersama roti basah dengan campuran bawang putih yang kemudian di goreng hongga teksturnya menjadi renyah, untuk memakannya warga di sana sering mencampurnya dengan nasi putih dan saus tomat.

China – Lion Head

Bakso dari China merupakan bakso yang sangat menggugah selera, efek dari masakan yang sama-sama menggunakan bumbu dari Asia. Dalam hal penyajian paling lengkap mungkin bakso Lion head, bakso ini menggunakan campuran daun bawang, jahe dan anggur shaoxing, di tambah juga menggunakan sohun dan sayuran, jika di lihat bakso lion head merupakan bakso yang tinggi karbohidrat dan menyehatkan.
loading...
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...