6 Spesies Katak Raksasa, Salah Satunya dari Sulawesi



Kalau di Indonesia kebanyakan katak memang berukuran kecil, itu katak yang biasa kita lihat di persawahan, namun kalau kita berbicara katak raksasa yang memiliki ukuran jumbo, didunia ini ada beberapa spesies yang memang menggelikan, bahkan katak tersebut bisa kita temukan di daerah Sulawesi, Maluku dan Papua, namun untuk jumlah dari katak raksasa di perkirakan hanya sedikit yang ada di Indonesia. Inilah 7 daftar spesies katak raksasa yang ada didunia, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

1. Goliath Frog


Penamaan katak itu sendiri di ambil dari nama goliath dalam kisah daud dan sang raksasa goliath, namun sayang katak yang berasal dari Afrika ini menjadi satu-satunya spesies katak terbesar saat ini. Katak goliath merupakan katak Karnivora, tapi terkadang juga memakan dedaunan. Memiliki ukuran 33 cm dengan berat 3 kilo gram, menjadikan katak jenis goliath yang terbesar di antara katak yang lain.

2. Devil Frog (katak setan)


Sebenarnya jika dibandingkan ukurannya, devil frog memiliki ukuran terbesar bahkan goliath frog masih kalah sama katak ini, untuk ukurannya devil frog mencapai 42 cm dengan berat 4,8 kg atau kalau di bandingkan dengan hewan lain, katak ini setara dengan anjing. Namun devil frog hanya hidup di antara 60-70 tahun yang lalu dan sekarang ini sudah punah, banyak ilmuan yang berharap devil frog masih hidup dan berkembang, karena katak ini merupakan spesies yang penting untuk mengungkap sejarah.

3. African Bulllfrog

Tidak lengkap rasanya jika katak ini tidak di ikutkan dalam list katak terbesar di dunia, kalau kalian sering melihat gambar atau mencari refrensi tentang katak raksasa, yang pertama kali muncul adalah African Bullfrog.  Jika di ukur panjang dari kepala dampai bawah, african bullfrog memiliki panjang 23 cm dengan berat 2 kg, berat dari katak ini ditentukan dari kelaminnya, pejantan african bullfrog lebih berat daripada betina.
4. American Bullfrog

Sebenarnya american bullfrog masih satu spesies dengan african bullfrog, yang membedakannya adalah american bullfrog memiliki warna yang lebih gelap daripada african bullfrog. Kalau soal makanan keduanya sama, pemakan segalanya, bahkan tikus dan ular pun kadang jadi santapan bagi mereka, oleh karena itu kedua katak ini di nobatkan sebagai katak terakus yang pernah ada. Untuk ukuran tak berbeda jauh karena american bullfrog memiliki panjang 21 cm dengan berat 1.7 kg, namun antara berat betina kadang bisa lebih besar dari pejantanya.

5. Kodok Buduk Beracun (Cane Toad)

Kodok dengan katak itu berbeda lho, jika kita biasa melihat katak melompat dan memanjat, kodok tidak akan bisa melakukan semua itu, karena pada dasarnya katak memiliki kaki yang panjang dan fleksibel sedangkan kodok memiliki kaki yang pendek. Kodok juga memiliki racun pada kulitnya, jadi hati-hati jangan asal sentuh jika belum tahu jenis kodok apa, dengan racun tersebut membuat kodok ditakuti banyak predator, termasuk manusia, sebenarnya kodok mengeluarkan racun dari pori-pori bagian atas bahu, mata dan bokongnya. Kodok biasanya memiliki ukuran 10-15 cm, namun pernah di temukan untuk pertama kalinya berukuran 24 cm.

6. Katak raksasa Enrekang Sulawesi


Ini salah satu katak yang ada di negeri kita, sebenarnya disana  warga sering menemukan katak berukuran jumbo namun hanya kali ini ada katak yang memiliki umur tua dengan berat 1,5 kilogram, habitat asli katak ini adalah di Sulawesi, Maluku dan Papua. Namun dengan proses berkembang biaknya yang sedikit di tambah dengan berkurangnya hutan, membuat katak ini terancam punah, dalam setahun katak ini hanya bertelur sekitar 1000 butir, itupun yang bisa bertahan hidu tak mencapai ratusan.
Tunggu