Mengenal Artificial Intelligence, Masa Depan Sebuah Peradaban Robot

loading...
 
Belakangan ini kita di kejutkan dengan ide dari negara Rusia yang ingin mengembangkan sebuah robot yang memiliki kemampuan Artificial Intelligence atau yang sering di sebut sebagai AI. Artificial Intelligence merupakan kecerdasan buatan yang dimiliki oleh sebuah robot maupun hanya sekedar software, dimana dengan tehnologi tersebut robot akan mampu belajar dari pengalaman yang pernah terjadi.

Artificial Intelligence bukan hanya mampu belajar bahkan sering di sebut memiliki kemampuan yang lebih daripada manusia. Dengan memasukan teknologi tersebut kedalam robot, maka robot akan melakukan sesuatu yang tidak bisa di lakukan oleh manusia, contohnya ketika manusia hanya bisa melompat dengan ketinggian 1 meter maka dengan robot lompatan yang terjadi bisa sekitar 5 meter.

Banyak ilmuan mengatakan pada tahun 2040 akan menjadi era sebuah mesin yang memiliki pola pikir dan dapat bergerak sendiri. Meskipun begitu Artificial Intelligence perlu di waspadai karena bisa menjadi bomerang bagi umat manusia, hal itu bisa terjadi jika suatu hari nanti robot di gunakan sebagai pasukan militer sebuah negara, peperangan besar menggunakan Artificial Intelligence kemungkinan besar akan terjadi, mengingat semua negara saling berlomba dan mengedepankan teknologi mereka. Vladimir Putin sebagai Presiden Rusia bahkan mengatakan siapapun yang memiliki Artificial Intelligence akan menguasai dunia dan menjadi negara yang super power.

Sejatinya Artificial Intelligence sudah ada di jaman sekarang, namun teknologi tersebut masih dalam tahap perkembangan dan belum bisa melakukan sesuatu yang dapat di lakukan oleh manusia. Namun jika melihat perkembangannya Artificial Intellegence telah berkembang  sangat pesat, dimuai penelitian pada tahun 2000, sampai akhinya pada tahun 2014 Artificial Intelligence di posisi yang sangat matang, sehingga perkembangan berikutnya di pastikan tidak lebih dari 20 tahun.

Jenis-Jenis Artificial Intelligence yang sedang berkembang saat ini :

Sistem Pakar (Expert System), menggunakan sarana sebuah komputer untuk menyimpan pengetahuan orang lain biasanya pakar di bidang tertentu, jadi dengan otomatis komputer dapat menyelesaikan suatu masalah yang sedang terjadi sesuai keahlian orang tersebut.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), pengguna dapat melakukan komunikasi dengan gadget mereka, menggunakan bahasa yang telah di set kedalam nya, contoh seperti bahasa inggris dan bahasa indonesia.
  • Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), manusia mampu menggunakan suara untuk memulai perintah kepada mesin yang mereka meliki.
  • Computer Vision, kemampuan di mana komputer akan mengetahui nama dari sebuah gambar yang berada di dalam sistemnya.
  • Intelligent Computer-Aided Instruction, komputer bisa di gunakan untuk melatih dan mengajar.
  • Soft computing adalah kemampuan dimana Artificial Intellegence dapat meniru keahlian manusia pada tahap tertentu, mampu terus belajar supaya memiliki kemampuan yang lebih baik jika di tempatkan di lingkungan tertentu.
Artificial Intelligence memang berkembang cukup pesat, tapi untuk mendapatkan sesuatu yang baik, dari penggunaan teknologi tersebut, sebaiknya di lakukan pengawasan yang cukup ketat, mengingat bahaya yang bisa timbul karena kecerobohan, di lain pihak kecerdasan buatan bisa sangat membantu dan merubah kehidupan manusia dimasa mendatang.

loading...
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...