Pohon Terbesar di Dunia



Kebanyakan dari pohon sangat sulit untuk mencapai ukuran besar, selain dari kondisi alam, juga dari perbuatan manusia yang sering menebang pohon tanpa batas, meskipun mereka sadar hal itu akan merusak lingkungan. Kalau di Indonesia jelas ada undang-undang yang melarang, menebang pohon secara Ilegal, namun hingga saat ini masih ada orang-orang tak bertanggung jawab yang melakukannya.

Dibalik kesulitan yang di alami pohon, ternyata di dunia ini masih ada pohon yang mempunyai ukuran besar, bahkan pohon-pohon tersebut salah satunya menjadi pohon tertua di dunia. Apakah di negara kita juga ada?, yuk kita simak fakta mencengankan berikut, 6 pohon yang bisa mencapai ukuran terbesar di dunia hingga saat ini.

General Sherman

General Sherman merupakan jenis dari pohon Sequoia raksasa, pohon ini sangat besar bahkan ukuran kelilingnya mencapai 1.487 m2, meskipun telah beberapa kali mengalami masa kesulitan seperti kebakaran hutan, iklim yang berubah dan banyaknya populasi manusia, pohon ini sanggup bertahan dan mencapai usia sekitar 2300 sampai 2700 tahun. Jika kalian penasaran dengan pohon ini datanglah ke California Giant Forest of Sequoia National Park, pohonnya masih berdiri tegak disana.

Eucalyptus Regnans
Pohon yang satu ini sering di sebut dengan nama Giant Ash, Mountain Ash, dan Victorian Ash, merupakan jenis dari pohon spesies Eucalyptus. Pohon Jenis Eucalyptus adalah tanaman endemik yang bisa di temukan di wilayah Australia tenggara, termasuk juga di wilayah Tasmania dan Victoria. Ukuran pohon Eucalyptus Regnans sangat mengagumkan, ia menjulang tinggi bagaikan raja dari segala pohon, bahkan pohon disekitarnya yang memiliki ukuran rata-rata besar tidak ada separuh ukuran dari pohon tersebut, iya karena pohon Eucalyptus Regnans memiliki ukuran tinggi mencapai 114 meter dengan volume 391 meter kubik.

Lost Monarch

Lost Monarch merupakan pohon yang ada di California. Diwilayah California bukan Cuma satu pohon saja yang mencapai ukuran besar,  banyak sekali pohon yang ada disana, mungkinkah manusia disana jarang menebang pohon, kalau memang iya perlu kita contoh untuk SDM negeri kita. Tidak beda jauh dengan pohon sebelumnya, Lost Monarch sendiri memiliki volume mencapai 1.203 meter kubik, merupakan pohon terbesar di jenis Coast Redwood.

Tane Mahuta

Pohon terbesar kali ini datang dari wilayah Selandia baru, yang terletak di Waipoua Forest, merupakan jenis dari pohon kauri raksasa. Bukan hanya besar pohon Tane Mahuta menjadi salah satu pohon tertua, yang memiliki ukuran volume 516 meter kubik dengan perkiraan umur antara 1250 tahun sampai 2500 tahun, masyarakat setempat menamai pohon ini sebagai Lord of The Forest atau penguasa hutan.

Arbol Del Tule

Sejatinya ini adalah pohon cemara biasa, yang berhasil bertahan hingga saat ini, meskipun pohon tersebut berada di pusat kota, seolah pemeritah tidak ingin menghilangkan pohon yang menjadi icon negara tersebut. Pohon arbol del tule berada di negara wilayah Meksiko yaitu negara Oaxaca, konon katanya pengambilan nama negara terinspirasi karena adanya pohon arbol del tule. Ukuran yang dimiliki pohon ini adalah 11,92 meter, dengan volume 750 meter kubik, hingga saat ini umur pohon tersebut adalah 1400 tahun.

Quinault Lake Red Cedar

Merupakan jenis dari pohon Red Cedar dari kawasan barat lebih tepatnya terletak di barat laut pesisir dari Danau Quinalt bagian utara Aberdeen, Washington sekitar beberapa kilo meter setelah samudera pasifik. Sedangkan pohon yang satu ini di nobatkan sebagai pohon dengan ukuran terbesar di antara jenisnya, yang memiliki volume 600 meter kubik, dengan tinggi 55 meter, dan batang pohon tersebut mempuanyai diameter yang mencapai 6 meter.
Tunggu