Cara Menjual Barang Secara Profesional

loading...
Dalam kegiatan usaha pastilah kamu harus menguasai tehnik menjual yang benar, hal itu biasanya di lakukan para sales dalam menawarkan barangnya, kelihatannya mudah banget, namun  kenyataannya banyak yang tidak bisa, bahkan sales yang sering kamu lihat hanya menawarkan apa yang telah di perintahkan oleh perusahaan,tanpa adanya inovasi atau gaya penjualan baru. Kemampuan tersebut harus di latih dengan benar, supaya dalam menjual barang kamu tidak banyak melakukan kesalahan yang bisa membuat kamu rugi tenaga dan waktu.


Sales yang hanya menjual barang saja, biasanya lebih unggul pada produknya,seperti penjualan hp atau penjualan produk dari perusahaan yang sudah besar, karena itu mereka akan malas untuk mencoba berinovasi dalam menjual. Penulis tahu tentang ini karena memiliki beberapa rekan yang menjabat sebagai manajer marketing, mereka mengatakan demikian, dimana sales hanya ingin mendapatkan gaji saja bukan untuk memajukan perusahaan, kalau seandainya mereka keluar dari perusahaan tersebut mereka akan rugi karena tidak memiliki kemampuan sebagai seorang penjual.

Ketika kamu memutuskan untuk membangun usaha mandiri, kamu harus benar-benar lebih ekstra, karena salah sedikit saja bisa mengakibatkan kerugian yang sangat besar, seperti pengalaman penulis ketika memiliki usaha baru, penulis mencoba untuk memasarkannya dengan mencari ruko sebanyak 132 dalam waktu seminggu saja, sedangkan yang menerima produk saya hanya 16 ruko, dan melakukan order lagi hanya 4 ruko saja. Apa yang dilakukan penulis merupakan kesalahan yang besar, dalam melakukan sesuatu sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu caranya supaya bisa mengerti dan tidak mengalami kerugian yang besar. Berikut adalah cara menjual barang secara profesional supaya bisa mendapatka seorang pelanggan.

Tentukan targetnya bukan penghasilannya

Ketika kamu memutuskan untuk menjual barang sebaiknya jangan pernah membayangkan penghasilan, karena mengejar penghasilan itu akan mengecewakan, jadi kamu hanya perlu fokus pada target penjualanmu saja. Kenapa hal tersebut bisa membuat penjualan menurun, dari pengalaman penulis, sales yang hanya ingin mendapat penghasilan akan kesulitan mendapat target, karena dalam angannya yang ada hanya penghasilan ketika menjual produk samapai habis, berbeda dengan yang berpedoman pada targetnya mereka merasa tenang dan tidak terburu-buru, jadi mereka tidak kelihatan agresif ketika berhadapan dengan penjual.

Menjualah bukan karena uang

Memang dalam kenyataanya menjual barang harus mendapat keuntungan, tapi jangan pernah berfikir kalau kamu sedang mencari keuntungan dari mereka, hal tersebut akan berdampak pada cara kamu melayani pelanggan, kamu tidak akan pernah mengetahui apa yang sebenarnya di inginkan oleh pelanggan, berbeda ketika kamu fokus hanya untuk menjual saja, kamu akan menemukan yang namanya komunikasi antara pelangganmu, jika hari ini mereka tidak membeli, kamu bisa menemuinya lagi untuk beberapa kali, dan kamu akan di sambut hangat oleh mereka.

Mengajak pelanggan untuk ngobrol

Berdasarkan dari pengelaman beberapa marketing, kemampuan ini masih sangat menguntungkan, pasalnya banyak sekali pelanggan yang suka untuk di ajak ngobrol, bukan berarti harus membicarakan sesuatu yang rumit, tanya saja beliau dari mana, atau mau kemana, jika kamu tahu tentang hal tersebut, itu akan menjadi pembicaraan yang luas. Dari pembicaraan tersebut kamu akan di anggap baik kepadanya, dan akan berdampak pada penjualan, yang mirip dengan poin sebelumnya jika hari ini tidak jadi membeli kemungkinan besok akan datang lagi untuk membeli.

Menjual itu bukan soal mendengar tapi soal berbicara

Dalam prakteknya menjual barang harus menguasai taktik berbicara, sedangkan mendengarkan kebutuhan pelanggan itu hanya sebatas untuk mengetahui saja, bukan berarti kamu sebebas mungkin untuk berbicara tapi kamu harus berbicara apa yang sedang di inginkan oleh pelanggan, disini kamu tidak boleh kalah dengan mereka, karena jika pembicaraan terputus kemungkinan mereka akan menolak produk yang kamu tawarkan, jadi sebaiknya jaga pembicaraan dengan benar dan cobalah mengetahui apa yang mereka inginkan.

Jangan salahkan pelanggan jika tidak jadi membeli

Kesalahan dalam marketing biasanya adalah ini, mereka lupa jika pelanggan hanya orang biasa, jadi wajar ketika mereka mulai tanya banyak hal, mereka hanya sebatas penasaran saja dengan produk kamu, kamu jangan kecewa jika mereka menolak, belum tentu hari ini mereka punya uang, tapi sejatinya jika pelanggan sudah tanya tentang banyak hal kemungkinan beli akan semakin besar, tapi bukan terjadi pada hari ini, namun kemungkinan suatu saat nanti jika mereka sudah siap mereka akan membeli, bahkan ketika mereka mengetahui tentang dirimu mereka akan mencoba untuk menghubungimu.

Berdarkan apa yang tekah di jabarkan diatas, apa kamu sudah mengtahui bagaimana menjual dengan cara profesional, bahkan hal tersebut banyak di sepelekan oleh para sales, yang membuat mereka kesulitan dalam mencapai targetnya, apalagi kamu seorang pengusaha yang baru merintisnya, pengalaman diatas bisa kamu jadikan sebagai rujukan yang sangat kuat untuk mempertajankan seorang pelanggan, karena bisnis tidak akan berkembang jika tidak ada yang bisa menjual.
loading...
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...