Ciri-Ciri Jamur Beracun Yang Harus Kamu Ketahui

Bagaimana jika kalian menemukan jamur di hutan, apakah kalian langsung mengambilnya, waspadalah karena mungkin jamur yang kamu temukan merupakan jamur beracun. Jamur beracun itu banyak jenisnya, memiliki efek samping sedang sampai mematikan, ada banyak sekali kasus orang yang memakan jamur beracun, hal itu di sebabkan karena mereka hanya melihat sekilas lalu mengambilnya.

Jika kalian berada di hutan, lalu menemukan sebuah jamur, sebaiknya kalian periksa terlebih apakah memiliki ciri yang aneh. Jamur beracun itu mudah di kenali, mulai dari karakteristiknya sampai baunya yang berbeda dari jamur biasa, ini masalahnya jika kalian mengkonsumsi jamur beracun kemungkinan besar kalian akan meninggal. Jadi berikut ini karakter sebuah jamur yang kemungkinan terbesar beracun dan mematikan.
Memiliki warna yang terang

Pada umumnya jamur yang bisa dimakan memiliki warna putih atau keclokatan, ketika jamur tersebut memiliki warna terang sebaiknya jangan di ambil kemungkinannya itu jamur beracun. Jamur beracun biasanya memiliki warna yang terang, bukan hanya warna merah, kuning dan hijau saja lho, coba di perhatikan jika warna yang di miliki lebih mencolok meskipun itu putih ataupun coklat.

Terdapat cincin pada batangnya

Kebanyakan jamur beracun memiliki tanda ini, sebuah cincin yang melingkar di bagian batang jamur baik itu di bawah pangkal atau di tengahnya. Entah kenapa jamur beracun identik dengan cincin di batangnya, yang pasti jika kalian menemukan jamur yang memiliki cincin sebaiknya kamu tinggal, fokus saja cari jamur yang lain.
Bau yang menyengat

Cobalah kamu cium jamur tersebut, jika memiliki bau yang menyengat jamur itu bisa jadi jamur beracun. Bau yang terdapat pada jamur berasal dari anomia jamur itu sendiri, sebenarnya baunya itu rada aneh, kebanyakan jamur hanya memiliki bau yang wajar namun ketika itu jamur beracun baunya lebih menyengat.

Jika terpotong akan meninggalkan bekas

Jamur beracun itu memiliki semacam zat berwarna pada tubuhnya, jadi ketika kamu memetongnya dengan pisau, jamur tersebut akan meninggalkan sebuah warna antara biru dan hitam. Maka untuk mengakalinya, sebaiknya kamu terlebih dahulu membawa pisau sebelum memutuskan untuk mencari jamur.

Jika dimasak warnanya akan berubah

Ketika kamu mulai memasaknya, lihatlah apakah warna jamur mulai berubah, jika itu yang terjadi sudah di pastikan jamur yang kamu dapat adalah jamur beracun. Perubahan warna pada jamur beracun sangatlah drastis dari coklat ke warna putih atau sebaliknya, berbeda dengan jamur yang biasa kita makan perubahan warnanya tidak terlalu.
Tunggu