Jamur Beracun, Kenali Jenisnya Biar Tidak Salah Makan

Jamur memang makanan yang menyehatkan juga banyak sekali manfaatnya, namun sudah tahukah kamu jenis jamur yang mematikan, bahkan sering terjadi orang keracunan karena salah mengira jamur tersebut. Jamur beracun tidak hanya tumbuh sendirian, terkadang jamur tersebut ikut bergerombol dengan jamur lain, terkusus pada jamur merang yang hidup bergerombol pada tumpukan jerami, jika tidak teliti mengambilnya kemungkinan kamu telah membawa jamur beracun.
Jenis jamur beracun cukup banyak, namun kali ini penulis akan mengenalkan jamur beracun yang sering dikira jamur biasa, karena tempat tumbuh dan juga bentuk yang menyerupai jamur pada umumnya, penasaran? Berikut ini jamur beracun yang sering di dapat oleh kebanyakan orang.

Psalliota yang memiliki bentuk hampir sama dengan jamur biasa
Meskipun termasuk jamur beracun, jamur Psalliota tidak memiliki cincin yang menjadi ciri khas
dari jamur beracun lainnya, jamur ini sangat menipu karena bentuknya yang menyerupai jamur yang sering kita konsumsi, perbedaan dari jamur ini hanya terdapat sebuah tudung warna kuning rada sedikit kecoklatan di bagian dahannya.

Coprinus jamur ini menyerupai jamur merang
Beberapa kasus orang keracunan kebanyakan adalah dari jamur ini, bentuknya kalau sudah besar memang sangat berbeda, namun ketika masih kecil dan tumbuh diantara jamur merang jamur coprinus sangat sulit di bedakan. Tanda jamur ini terlihat pada sisik yang terdapat di tudung jamur, sisik tersebut akan nampak jelas jika kamu menyentuhnya, jangan lupa setelah menyentuh untuk cuci tangan.

Pholiota jamur beracun yang bisa menggoda selera
Jamur ini bisa di temukan pada batang pohon yang sudah mulai lapuk terkena air, tidak perlu khawatir jamur pholita mudah di kenali, karena hidupnya yang menggerombol apalagi hanya ada di batang pohon, kebanyakan jamur yang tumbuh di batang pohon tidak akan memiliki bentuk seperti ini apalagi warnanya yang cukup mencolok.

Cortinarius meskipun kecil namun mematikan
Habitat jamur ini selanyaknya jamur jenis lain, yang tumbuh di tanah lembab, biasanya jamur ini tidak pernah menggerombol ikut jamur yang lain, namun tetap kalian harus waspada sebab jamur cortinarius termasuk jamur paling beracun di dunia.

Lepiota jamur yang sering kita temukan di sekitar hutan
jamur yang satu ini paling menonjol jika di banding jamur beracun lainnya karena memiliki tanda cincin dan bersisik, kemudahan untuk menemukan jamur ini menjadi penyebab kita harus lebih waspada, yang di khawatirkan itu jika ada anak kecil yang menemukan di dekat tempat kemah atau bermain, mungkin saja mereka akan memasaknya, jadi untuk meminimalisir bahaya sebaiknya di pantau terus.


Diatas adalah artikel tentang jamur yang sering kita temukan namun beracun, selalu waspada kalau nemu jamur jangan asal bawa saja, terlebih dahulu di cek kebenaran tentang jamur tersebut.
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...