Mencari Jamur di Kala Musim Hujan

Sekarang telah memasuki musim hujan, itu pertanda baik bagi kalian yang ingin mencari jamur, mencari jamur kadang kalanya di lakukan untuk bersenang-senang, konsumsi atau di jual.

Sedangkan pengalaman penulis mencari jamur itu hanya sebuah kebetulan, yang sekarang menjadi hobi ketika memiliki waktu senggang.

Apa sih keseruan mencari jamur?, menurut saya sih seru banget, rasanya itu ibarat menang lotre, kenapa demikian, karena jamur adalah tumbuhan yang hanya tumbuh di tempat tertentu pada musim tertentu.

Jarang sekali ada jamur yang selalu tumbuh dalam semua musim, apalagi jamur yang sering dicari orang Indonesia, rata-rata jamurnya hanya tumbuh beberapa jam saja.

Dulu waktu saya masih kecil, saya suka sekali memancing, meskipun begitu saya tidak pernah mendapat ikan, ternyata setelah tanya pada ahlinya, saya di sarankan untuk memancing pada pagi hari, menurut mereka waktu ikan makan mulai pagi dari sekitar jam 5 sampai jam 7 dan pada malam hari.

Setelah saya renungkan memancing malam hari itu terlalu banyak resikonya, apalagi buat saya yang masih seorang bocah.

Saya bersiap untuk berangkat memancing sekitar jam 6 pagi, kalau di desa jam segini sudah rame apalagi di persawahaan yang terletak di sekitar hutan sangatlah ramai.

Waktu itu saya masih memancing di dekat persawahan, tapi apa daya nasib juga tidak kunjung dapat, daripada bosan saya bermain disekitar pohon pisang, eh kok terlihat segerombol jamur, senengnya bukan main, setelah itu semua saya ambil, terus saya tanya pada orang disana ternyata itu jamur barat.

Katanya sih itu jamur memang biasa di konsumsi oleh warga sekitar, orang tersebut lantas memberi tahu saya jika ingin mendapat lebih banyak cobalah masuk ke dalam hutan.

Setelah itu saya membereskan peralatan mancing, lalu menuju kedalam hutan, di sana memang banyak sekali jamur namun tidak seperti yang saya bayangkan, yang tadi saja di satu tempat sudah bisa dapat banyak, di sini kok cuma bisa dapat satu saja.

Saya masih saja meneruskan untuk mencari jamur meskipun matahari sudah mulai terik, keanehan pun terjadi jamur yang saya temukan ternyata sudah membusuk dihinggapi oleh belatung, bukan cuma satu jamur melainkan semua jamur sudah membusuk, saya mulai bertanya apakah jamur tersebut sudah tumbuh dari kemarin.

Karena sudah siang saya memutuskan untuk pulang membawa satu kilo jamur barat, saudara saya yang kaget dengan hasil saya, dia mencoba untuk memastikan jamur itu merupakan jamur yang bisa dikonsumsi, ternyata benar meskipun saya tidak tahu tentang jamur tapi yang saya bawa merupakan jamur barat.

Baca Juga:



Keanehan yang saya alami saya tanyakan kepada saudara saya, kenapa jamur yang di hutan banyak yang membusuk, ternyata jamur tersebut sudah melampaui usia nya, lha kok bisa begitu.

Jamur adalah tumbuhan yang hanya tumbuh sekali dengan umur yang pendek, jadi ketika saya melihat jamur tersebut membusuk, sejatinya jamur tersebut sudah mulai mati, sedangkan waktu tumbuh jamur dari kecil hingga dewasa sekitar 6 jam saja, untuk itu jika ingin mencari jamur sebaiknya pada waktu pagi buta, jangan sampai mencarinya di siang hari, kalau tidak mau kecewa.

Disitu saya masih belum mengerti apa yang di katakan petani, dengan mengatakan jamur bisa kalian temukan di hutan, padahal saya cari di hutan juga tidak lebih banyak daripada di sawah, lha di hutan saja saya harus keliling baru bisa mendapat sebanyak itu.

Ternyata kesalahan saya adalah mencari jamur dengan mengacak area, padahal jamur hanya bisa hidup pada tempat tertentu saja.
Tunggu