Tempat Jamur Bisa Tumbuh Dengan Subur

loading...
Jika kalian ingin mencari jamur sebaiknya kenali dulu tandanya, karena dengan keahlian ini di jamin kalian tidak akan kesulitan mendapat jamur yang cukup banyak. Kalau di desa banyak sekali orang yang memiliki kemampuan alami ini, mungkin karena sudah terbiasa, pasalnya petani juga sering menemukan jamur di area persawahan.

Sebenarnya sama saja mau di hutan atau pesawahan, jamur hanya akan tumbuh di tempat tertentu, karena kerumitannya inilah sebaiknya kalian harus mengerti tentang tempat jamur yang bisa tumbuh, penasaran di mana saja tempat itu, yuk simak artikel berikut ini.

Terdapat saluran air di dekatnya

Air merupakan komponen utama bagi jamur, karena tubuh jamur merupakan bentukan dari adanya air di dekatnya, di ketahui juga air bisa menciptakan spora yang baik bagi jamur, spora merupakan sebuah biji, jadi jika terdapat air di dekat nya jamur akan menciptakan spora yang banyak, kemungkinannya spora tersebut menyebar di sekitar jamur lebih banyak ketimbang di area sedikit air. Bukan berarti air itu sebuah sungai atau semacam genangan air, tapi untuk bisa menemukan jamur dengan menggerombol kalian hanya perlu melihat area yang sering di lalui air hujan.

Carilah tempat yang bersuhu sedang

Jamur ternyata hanya bisa tumbuh di sekitar suhu 24-30 derajat, jadi jika kalian memutuskan untuk mencari jamur jangan di area yang terlalu panas, kalau bisa tempat tersebut memiliki suhu yang setabil. Kalau jamur tiram hanya bisa tumbuh di suhu 18-20 derajat, namun jamur ini sulit untuk ditemukan di alam, kebanyakan jamur tiram adalah jamur budidaya.
Tempat tersebut minim cahaya

Meskipun jamur hanya tumbuh pada area minim cahaya, namun jamur tidak akan tumbuh pada tempat yang sama sekali tidak ada cahaya, kalau dihutan tempat tersebut identik di sebuah goa. Jamur juga memerlukan cahaya matahari namun intensitas sinar matahari juga tidak boleh terlalu panas, makanya ada beberapa jamur akan mulai mati jika waktu sudah mulai siang.

Lembab adalah tempat favorit jamur

Saat masa pertumbuhan jamur memerlukan kelembaban udara sekitar 65-80%, jika kelembaban udara di bawah tersebut jamur akan mengalami kerusakan dan membusuk. Suhu udara di bawah 65% juga merupakan tempat bernaungnya hama jamur, jadi pastikan kelembaban area tersebut terjamin, biasanya kelembaban udara seperti ini bisa ditemukan di bawah pohon yang besar dan pohon yang rindang.

Itulah tempat dimana jamur bisa tumbuh, jika kalian ingin mencari jamur pastikan tempat tersebut sudah sesuai kriteria, jadi jangan heran jika menemukan tempat tapi jamurnya sedikit, mungkin kalian masih belum menguasai jurus ini, kadang kala yang justru di tempat remeh ternyata banyak jamur tapi di tempat seperti hutan malah sedikit jamur.
loading...
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...