Ternyata Jenis dan Cara Hidup Jamur Memiliki Pembagian Tersendiri

Sebelum membahas jenis dan cara hidup jamur sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui pengertiannya. Jamur adalah tumbuhan parasit,yang menumpang pada organisme lain baik yang masih hidup atau yang sudah mati, kalau biasanya jamur tumbuh pada pohon yang sudah lapuh, penyebutan untuk jenis tumbuhan ini adalah tumbuhan saprofit.
Secara mortofologi jamur di bedakan menjadi tiga, yaitu khamir, kapang dan cendawan. Khamir merupakan jenis jamur yang hanya memiliki satu sel. Kapang adalah jamur multiseluler yang mana dalam tubuhnya terdapat hifa sebagai penyerap makanan. Sedangkan jamur cendawan merupakan jamur yang tumbuh di atas tanah atau pada sumber makanannya.

Cara hidup jamur

Secara umum jamur memiliki cara untuk hidup sendiri, yang mana cara hidup tersebut dibagi dalam tiga kelompok yaitu jamur pengurai, jamur parasit dan jamur dengan simbiolasis mutualisme. Berikut adalah pengertian masing masing jamur berdasarkan cara hidupnya.

Jamur pengurai

Jamur tipe pengurai adalah jamur yang biasa tumbuh pada pohon mati, kertas basah dan baju. Jamur tersebut merupakan tumbuhan yang bersifat saprofit. Dimana tugas dari tumbuhan tersebut adalah mengembalikan kehidupan ke pada unsur hara yaitu tanah.

Jamur parasit

Tipe parasit merupakan jamur yang biasa menumpang dan ikut mengambil makanan dari inang yang di tumpanginya. Jadi jamur ini menumpang agar bisa mendapatkan nutrisi. Jamur parasit bukan hanya tumbuh pada tanaman saja, beberapa penyakit yang di alami manusia juga di akibatkan oleh jamur contohnya penyakit panuan.

Jamur dengan simbiosis mutualisme

Kebanyakan jamur penumpang adalah jamur yang bisa membuat rugi pada inangnya, dimana jamur tersebut hanya menyerap nutrisi saja, namun jamur tipe ini selain menyerap nutrisi juga menciptakan zat yang bermanfaat bagi inangnya. Contoh jamur yang menerapkan simbiosis mutualisme adalah lumut kerak, yang merupakan gabungan dari ganggang hijau dengan jamur.

Jenis jamur mikoriza juga termasuk dari jamur simbiosis juga, dimana hubungannya terbentuk karena ada ketergantungan akar dengan hifa jamur, jamur mikoriza merupakan penyeimbang tanaman yang cukup baik. Jadi begini cara mereka berhubungan jika jamur membutuhkan gula dari pohon, maka jamur tersebut harus terlebih dahulu memberi nutrisi kepohon yang di tumpangi.
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...