Ketahui ini Terlebih Dahulu, Sebelum membeli Hp Android Bekas

Membeli hp android bekas, merupakan langkah yang tepat apalagi jika ingin menemukan hp dengan harga murah dari pada harus membeli hp yang baru, namun karena hp tersebur merupakan hp bekas jadi akan sulit bagi kita untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

Sekarang banyak oknum yang sengaja menjual hpnya, padahal kondisi hp tersebut sudah tidak layak pakai, namun karena android second masih banyak yang mencari, oknum juga seemakin banyak. Untuk itu alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu kondisi hpnya, berikut adalah tips membeli hp android bekas.

Cek semua kelengkapan

Pertama yang harus kamu perhatikan adalah kelengkapan dari hp android tersebut, apakah dosbooknya masih ada, jika iya pastikan nomer imei yang tertera di dossbook sama dengan yang ada di hp. Kalau ingin mendapat hp yang bagus sebaiknya cek terlebih dahulu surat garansinya, dikhawatirkan membeli tanpa surat garansi akan membuat kamu tidak bisa melakukan apapun jika hp nya sudah rusak.

Pilih antara hp second beneran atau BNOB

Terlebih dahulu pastikan hp yang akan kamu pilih apakah android second murni atau yang BNOB, keduanya merupakan barang bekas yang sama, cuma BNOB merupakan hp yang baru saja di buka mungkin karena pemiliki salah warna atau tidak suka, makanya pemilik tersebut ingin menjualnya, kondisi BNOB sangat di sarankan bagi yang ingin mendapatkan hp second dengan kualitas terjamin, tapi harganya juga cukup mahal namun bisa menghemat daripada membeli hp baru.

Pastikan harga hp tersebut tidak kelewat normal

Harga pada setiap hp memiliki patokan khusus, dimana harga tersebut merupakan harga yang sudah umum, kalau seandainya mendapatkan hp dengan harga yang murah sebaiknya perlu di waspadai karena kemungkinan hal tersebut merupakan sebuah penipuan.

Pilih pembayaran yang aman

Dulu waktu penjualan online belum ramai banyak sekali yang melakukan penjualan secara face to face, tapi sekarang karena jualan online sudah lumrah, kegiatan COD semakin sulit untuk dilakukan karena banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, karena itu untuk melakukan transaksi penjualan sebaiknya menggunakan rekening bersama yang ada di bukalapak atau tokopedia.

Pastikan deskripsi dari penjual

Penjual yang serius menjual barangnya di jamin tidak berbohong dengan kondisi yang sebenarnya, biasanya dalam menulis deskripsi penjual akan secara jujur menulis apa yang terjadi, termasuk kondisi hp tersebut meskipun itu rusak berat.

Cek kondisi fisiknya

Kondisi fisik pada hp sangat menentukan dari kualitas hp tersebut, kalau kondisi cat yang sudah terkelupas biasanya hp tersebut pernah terjatuh, atau si pengguna yang ceroboh dalam menaruh hpnya, jika mendapatkan hp seperti itu sebaiknya di pikir terlebih dahulu sebelum menyesal karena hp rusak mendadak.

Uji semua fitur pada hp

Pengujian fitur sangat penting, karena kebanyakan kesalahan pembeli adalah terlewatnya satu fitur yang sangat fatal, kalau menguji sebaiknya cek foto, kamera, memori dan suara hp tersebut.

Kondisi baterai masih normal

Penipuan dengan menggunakan baterai masih banyak di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, kebanyakan penipu akan mengisi penuh hp tersebut padahal sebenarnya baterai sudah dalam kondisi drop, jika pembeli tergesa-gesa maka tidak akan di ketahui kondisi baterai yang sebenarnya.

Pastikan kamu melakukan factory reset

Karena sudah berpindah tangan, untuk memulai memasukan email pengganti sebaiknya kamu melakukan factory reset karena dengan begitu akun yang kamu miliki bisa masuk ke hp yang baru kamu beli, selain memasukkan email, factory reset juga dapat di gunakan untuk menghilangkan bekas penggunaan yang tidak wajar pada hp, yang menyerang software.
Tunggu