10 Aplikasi Baca Komik Selain Webtoon

loading...
Webtoon sebenarnya adalah semua komik yang di distribusikan melalui internet, jadi apapun komik yang kamu baca jika itu berasal dari web atau aplikasi itu merupakan webtoon.

Kecuali manga meskipun bisa kita baca melalui internet namun manga merupakan sebuah komik yang berasal dari Jepang, sedangkan webtoon merupakan komik khas dari Korea.

Tapi selama ini kita mengira bahwa webtoon itu adalah LINE Webtoon, sebenarnya kalau kita tahu, aplikasi webtoon itu ada banyak, bahkan ada juga aplikasi webtoon buatan dalam negeri, berikut adalah aplikasi baca komik selain LINE Webtoon.

1. CIAYO Comics


Kalau kamu suka dengan produk dalam negeri, CIAYO Comics merupakan pilihan yang tepat karena CIAYO merupakan platform baca komik asli Indonesia, hal itu bisa dilihat dari berbagai komik yang ada di dalamnya, komik tersebut sering menunjukan tempat dan budaya asli Indonesia. Bahkan katanya CIAYO Comics memiliki ratusan komik dari penerbit Indonesia, belum lagi ditambah beberapa komik yang tergabung dalam CIAYO One-Shot Challange, karena itulah CIAYO Comics bisa menjadi webtoon terbaik bagi pembaca lokal.

2. COMICA


COMICA merupakan aplikasi asal Korea, berdiri setelah Line Webtoon mencoba memasuki pasar di Asia, tidak kalah dengan pendahulunya COMICA berhasil menjadi salah satu penyedia webtoon yang populer saat ini. Dalam aplikasi COMICA banyak sekali cerita yang tergolong khusus dewasa, jadi sebaiknya jika ingin membaca webtoon di aplikasi ini pastikan terlebih dahulu pembacanya sudah berumur 18+, karena banyaknya cerita dewasa pada platform komik ini, bisa menjadikannya sangat populer karena pecinta genre tersebut tergolong cukup banyak.

3. BBM Webcomics


Sebenarnya BBM Webcomics merupakan hasil kerja sama dari NeoBazar yang menaungi COMICA dengan Creative Media Works yang merupakan pemilik dari webcomics pada BBM. Keunggulan aplikasi yang satu ini tidak hanya sebatas menerbitkan webtoon saja namun juga menerbitkan webnovel, jadi jika kamu suka membaca cerita novel pastikan juga sering baca disini, karena dengan begitu kamu sebenarnya telah mendukung para penulis novel lokal, tapi sampai saat ini masih belum ada promosi dari pihak BBM Webcomics.

4. COMICO


Jepang juga tidak mau ketinggalan dalam meramaikan platform Webtoon, dengan begitu lahirlah sebuah platform webtoon yang berasal dari Jepang yaitu COMICO, katanya platform tersebut melambung tinggi setelah sukses dengan satu komik yang terkenal yaitu Re: LIFE, dari kesuksesannya dalam menaungi beberapa komik membuat COMICO berani memasuki pasar Indonesia. Keseriusannya dalam pasar Indonesia, terlihat saat mereka berani memberikan banyak hadiah bagi penerbit komik lokal, hadiah tersebut berupa uang sampai ratusan juta.

5. Tory Comics


Penyedia webtoon satu ini merupakan yang pertama dengan sistem penerjemah crowdsourching, jadi bagi kamu yang suka baca komik dari luar negeri tidak perlu lagi menunggu komik tersebut terbit di Indonesia, dengan sistem penerjemah otomatis kamu bisa baca komik dari belahan dunia manapun saat ini juga.


6. Tapas


Bagi kamu yang ingin mencari komik dengan rekomendasi dari banyak orang, pasti Tapas yang akan mereka usulkan, karena Tapas sendiri merupakan platform webtoon yang memiliki banyak pengguna, selain kamu bisa membaca komik gratis, di platform Tapas juga tersedia komik premium, jadi kamu bisa membeli beberapa komik yang sedang populer.

7. Lezhin Comic


Aplikasi webtoon yang satu ini juga cukup populer di Asia, namun hingga saat ini masih belum tersedia khusus bahasa Indonesia, jadi kamu hanya bisa membaca komik berbahasa Korea dan berbahasa Inggris, namun tidak ada salahnya bagi kamu yang ingin membaca karya orang luar negeri yang belum tentu terbit di Indonesia.

8. Daily Manga

Merupakan aplikasi webtoon yang juga menggunakan bahasa inggris, kelebihannya di banding aplikasi lain adalah Daily Manga memiliki kecepatan yang luar biasa dalam membuka komik perhalamannya.

9. NETCOMICS


Perlu diketahui aplikasi ini juga tidak tersedia dalam bahasa indonesia, platform yang satu ini juga cukup ribet karena ketika mau membaca komik, pengguna diharuskan untuk mendownload terlebih dahulu, jadi bagi kamu yang tidak suka ribet jangan mencoba menginstall aplikasi ini.

10. NGOMIK


Dari bahasanya saja sudah kelihatan kalau platform webtoon ini merupakan aplikasi buatan dalam negeri, meskipun tidak sebagus aplikasi lain, tapi setidaknya ini merupakan karya dari saudara kita, jadi dengan mendownloadnya kamu telah membantu pengembang lokal untuk tetap berjaya.

Sebenarnya masih banyak aplikasi webtoon yang bermunculan, namun aplikasi di atas merupakan aplikasi yang paling populer di Indonesia, jadi selesai sudah pembahasan kita tentang aplikasi baca komik webtoon, semoga artikel ini bisa membantu bagi kamu yang ingin mencari webtoon selain LINE Webtoon.
loading...
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...