Mitos Ular Raksasa Dari Indonesia, di Jamin Kamu Bakal Ketakutan Setelah Membacanya

Mitos tentang ular raksasa sangat mudah untuk di jumpai, khususnya di wilayah Kalimantan, konon katanya di wilayah tersebut masih banyak terdapat ular raksasa, wajar saja karena hutan di Kalimantan merupakan salah satu hutan yang masih alami.

Namun apakah kamu sudah tahu jika di beberapa daerah juga memiliki kisah ular raksasa, bahkan ular tersebut bisa dikatakan menjadi rajanya ular raksasa, berikut adalah mitos ular raksasa di beberapa daerah yang dekat dengan pemukiman warga.


Ular Raksasa Cobra Buyutan

Kisah ini jarang terdengar namun banyak saksi yang mengatakan keberadaannya, kebanyakan yang bercerita adalah para sesepuh desa, dulu ketika mereka mencari kayu bakar di hutan, mereka mendengar sesuatu berupa bunyi desisan ular.

Mereka mencoba mencari tahu asal bunyi itu, namun yang mereka temukan hanyalah jejak tanah yang di lewati seekor ular, kalau di ukur dari jejaknya kemungkinan ukuran dari ular tersebut adalah sebesar pohon kelapa, tapi yang membuat mereka bingung kenapa ular tersebut bisa mendesis sekencang itu.

Maka mereka menyimpulkan kalau itu bukanlah jenis ular raksasa biasa, melainkan itu adalah ular kobra raksasa.

Setelah kejadian itu setiap mereka masuk kedalam hutan mereka selalu mendengar desisan ular, untuk menanggulangi hal ini para sesepuh menyarankan agar warga tidak sembarangan masuk hutan.

Ular Raksasa Teropong Air

Mitos ular raksasa ini sering terdengar oleh penduduk yang tinggal di sekitaran sungai, mereka mengatakan jika hujan datang dan air mulai menguap, pasti pada waktu itu akan muncul gelombang air yang berlawanan dengan arah sungai.

Gelombang air itu terlihat lurus dan seolah ingin menyeberang ke arah hutan, mereka mengatakan itu adalah mahkluk penunggu sungai, tapi jika dinalar secara rasional gelombang yang terdapat di sungai itu berasal dari sesuatu mahkluk yang bisa bergerak.

Hingga saat ini warga hanya mengetahui kalau itu merupakan ular raksasa teropong air, tapi soal kebenarannya sama dengan cerita mitos lain pasti tidak ada yang tahu, masih banyak misteri yang belum terpecahkan.

Ular Raksasa Pemangsa Harimau

Waktu itu ketika penulis masih kecil terdapat kisah yang sangat heboh di desa penulis, beberapa orang yang habis pergi kehutan mengalami luka parah, sehingga mereka harus dibawa kerumah sakit.

waktu di rumah sakit penulis juga ikut menjenguk mereka, lalu mereka bercerita tentang yang di alami ketika berada di hutan, mereka mengatakan waktu melihat seekor harimau mereka bersembunyi di balik pohon pisang yang rimbun, jaraknya lumayan jauh sekitar 10 meter, tapi mereka tidak akan pernah menyangka, di atas pohon tua yang berada di dekat harimau, terdapat seekor ular raksasa yang dengan tenangnya sedang melingkari pohon.

Ular tersebut bukan menerkam harimau tapi menyedotnya, bahkan efek sedotannya sampai terasa di sekitar tempat persembunyian mereka, beberapa pohon pisang yang mereka gunakan untuk bersembunyi rubuh dan menimpa mereka, kisah ini menjadi sangat terkenal waktu itu bahkan beberapa koran juga memuat beritanya.

Ular Raksasa Penghuni Sungai Lusi

Sungai Lusi merupakan sungai yang berada di wilayah Grobogan, sungai ini menjulang dari timur kota yang bersebelahan dengan kota Blora, banyak sekali kejadian orang tenggelam di sungai ini, kebanyakan korbannya adalah pemancing.

Selain memakan korban sungai ini juga terkenal keangkerannya, bahkan konon katanya disini ada ular raksasa penunggu sungai.

Cerita ini penulis dapatkan dari beberapa saksi, diantaranya pernah melihat secara langsung, awal ceritanya mereka melakukan kegiatan rutin yaitu memancing di sungai Lusi, ketika mereka memutuskan memancing di area yang rimbun, mereka mendapatkan sesuatu yang aneh, di pinggir seberang sungai yang tadinya air disana sangat tenang berubah menjadi bergolombang.

Lalu dari dalam air muncul seonggok kepala ular, ukuran kepalanya hampir sama dengan ukuran koper, pada waktu itu mereka langsung lari meninggalkan semua peralatan mancingnya, jadi mereka tidak tahu pasti  ukuran ular tersebut, padahal penulis masih penasaran dengan ukuran ular yang mereka lihat, jika kepalanya saja berukuran segitu, apalagi tubuhnya.

Ular Raksasa Buntung

Orang jaman dulu kalau pergi kehutan pasti bawa golok yang panjang, selain untuk memotong pohon, golok juga di gunakan untuk menjaga diri dari binatang buas.

Konon katanya ular raksasa itu memiliki kelemahan pada ekor, jadi untuk membunuh ular raksasa potonglah ekor terlebih dahulu supaya ular tersebut tidak bisa makan lagi.

Orang jaman dulu kalau melihat ular raksasa, akan langsung di potong ekornya, karena itu lebih mudah dari pada harus memotong  kepalanya, tapi ekor yang di potong harus di atas lubang pencernaan.

Kisah ini terjadi pada temen penulis waktu masih SD, teman sekolah penulis kalau sehabis sekolah dia akan membantu orang tuanya mencari rumput, waktu itu dia mencari rumput terlalu dekat dengan hutan, sampai dia tidak sengaja melihat sebuah ekor ular raksasa dengan ukuran yang besar, tapi yang aneh ekor ular tersebut buntung, lantas dia langsung berlari menjauh dan pulang ke desa.

Lalu dia bercerita kepada keluarganya, kalau dia tadi melihat seekor ular tapi berekor buntung, warga yang mendengarnya lantas menanggapi kalau ular tersebut merupakan ular yang dulunya hampir di bunuh namun salah memutus ekornya, jadi ularnya masih hidup namun dalam kondisi ekornya buntung, setelah kejadian itu teman penulis sakit sampai dua minggu.

Ular Raksasa Menyeberang Jalan

Kebanyakan yang bercerita ini adalah para sopir truk yang biasanya mendapat tugas sampai keluar kota, mereka sering melihat penampakan seekor ular yang menyeberang jalan, tapi dari sekian banyak kisah, menurut penulis kisah yang paling fenomenal adalah kisahnya para sopir yang  bertugas melalui jalur pantura. 

Pada tahun 1998, paman saya berangkat mengantarkan cabai ke wilayah Surabaya, dan waktu itu dia harus berangkat pagi sekitar jam 2, ketika sampai di wilayah Rembang dia terjebak macet yang cukup panjang, padahal waktu itu masih sekitar jam 3.

Setelah beberapa kali mencoba bertanya, ternyata macet tersebut di akibatkan oleh seekor ular raksasa, dimana ular itu berusaha menyeberang ke dalam laut, konon katanya ular raksasa yang menuju ke laut merupakan ular yang ingin menyelesaikan bertapanya,
Jika bertapanya sempurna, ular itu akan berubah menjadi seekor naga.

Cerita ini masih sering terdengar apalagi penduduk di sana, pasti lebih mengetahui kondisinya pada waktu itu, penulis juga masih belum tahu pasti, apa yang di cerikatakan oleh paman, namun jika hal itu benar pasti sangat berbahaya sekali.

Ular Raksasa Melingkar

Disebuah bukit yang terdapat di kota penulis, menyimpan banyak sekali mitos salah satu mitos itu adalah adanya ular raksasa yang sering terlihat sedang melingkar.

Bahkan tempat ular itu melingkar pasti meninggalkan bekas, beberapa bekas memang seperti lingkaran seekor ular, tapi sampai saat ini masih belum di ketahui, apakah itu memang perbuatan ular atau hanya sebuah longsoran tanah.

Kalau memang sebuah longsoran tanah bentuknya kok bisa melingkar, tapi kalau ular kok ukurannya sebesar itu, sampai sekarang masih belum ada petunjuk sama sekali bahkan kulit ular atau kotorannya masih belum ditemukan.
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...