8 Buah Indonesia yang Mendunia

Meskipun dari sisi pertanian Indonesia masih kalah, tapi setidaknya Indonesia menjadi negara penghasil buah terbanyak di dunia, buah yang dihasilkan dari Indonesia merupakan buah dengan kualitas terbaik yang sanggup bersaing di pasar international.


Banyak negara yang tidak bisa merasakan keanekaragaman buah yang kita miliki, jadi dengan begitu mereka akan mencarinya ke wilayah lain, tujuan utama mereka pasti ke Indonesia, karena buah yang kita miliki cukup beragam dan jumlahnya sangat melimpah.

Buah dari Indonesia yang sudah mendunia itu banyak sekali, bahkan ada satu jenis buah yang berhasil menembus pasar luar negeri dengan jumlah permintaan mencapai 17 juta ton per tahun, itu merupakan jumlah yang sangat fantastis jika hanya dari satu jenis buah saja. Kalau kamu masih ingin tahu tentang buah Indonesia yang telah mendunia, simak saja artikel berikut ini.

Manggis Bali

Manggis merupakan buah yang tidak begitu populer di negeri ini, karena rasa yang dihasilkan oleh buah manggis itu cenderung asam dan kecut saja, namun ternyata manggis memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mencegah penyakit kanker, di negara China buah Manggis di hargai sekitar USD $10 - $50 per kilogram atau setara dengan Rp. 14.800 sampai Rp. 740.000.

Selain kaya akan manfaat, ternyata buah manggis memiliki pasar international yang cukup luas, permintaan buah manggis dari Indonesia mencapai 20 ribu ton untuk pasar China dan Arab Saudi, apalagi China telah mengakui jika buah manggis yang berasal dari Bali memiliki kualitas yang sangat baik.

Pisang Lampung

Buah pisang merupakan buah yang hanya bisa di temukan di beberapa negara saja, negera seperti Jepang dan Korea akan kesulitan untuk menemukan buah ini, karena tanah di negara tersebut tidak cocok untuk ditanami pohon pisang, makanya harga pisang disana bisa mencapai Rp. 25 ribu persisirnya, padahal di Indonesia harganya masih sekitar Rp. 3 ribu - Rp. 5 ribu.

Selain untuk memenuhi permintaan dari negara Jepang dan Korea, ternyata buah pisang asli Indonesia telah memasuki 16 negara lain dengan jumlah ekspor mencapai 17 juta ton per tahunnya, di antara negara tersebut adalah Malaysia, China dan Iran.

Salak Pondoh

Salak pondoh asal Sleman ini ternyata telah memasuki 7 negara, negara yang baru saja mengimpor salak pondoh adalah Selandia Baru, meskipun permintaannya tergolong kecil yaitu sekitar 100 kg namun hal tersebut telah membuka peluang baru bagi petani salak asal Indonesia.

Selain ke Selandia Baru sebelumnya Indonesia telah berhasil mengekspor salak pondoh ke China, Belanda dan Arab Saudi, disana harga salak pondoh masih tergolong murah di banding dengan buah lain yaitu sekitar USD 1,8 per kilonya.

Nanas Madu

Buah nanas tidak hanya di jual ke Singapura atau negara tetangga Asia saja lho, ternyata Amerika Serikat juga mengambil nanas dari Indonesia, nanas yang mereka pesan adalah jenis nanas madu dengan jumlah 10 ribu ton, harga nanas madu disana bisa mencapai USD 23 per buah atau setara Rp. 340 ribu.

Rambutan Tangkue

Buah lokal ini berasal dari kota Banten, biasanya jika musim rambutan kalian akan dengan mudah menemukan penjual rambutan tangkue di sepanjang jalan raya Sarija menuju Bogor, harganya juga cukup murah perikatnya hanya Rp. 4000, sedangkan di Arab Saudi kalian harus merogoh kocek hingga Rp. 60 ribu dan di Amerika harganya bisa mencapai Rp. 200 ribu.

Mangga Harumanis

Sebenarnya jenis mangga yang sudah mencapai luar negeri itu banyak, namun yang menjadi perhatian adalah mangga harumanis karena mangga jenis ini sudah di akui kualitasnya, di luar negeri mangga haromanis di jual sekitar Rp. 320.000 per delapan buah.

Jambu Biji

Jambu biji asal Indonesia ternyata bisa kamu temukan di Jepang lho, sebenarnya buah ini memang memiliki potensi ekspor yang cukup tinggi namun jarang sekali ada petani yang berhasil melakukannya, khusus buah jambu biji informasi yang kami dapatkan hanya sedikit jadi untuk harga pasarannya masih belum di ketahui.
Tunggu