Bahaya Mendaki Gunung, Waspadalah Terhadap Sekelilingmu

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat seru, apalagi jika kamu melakukan kegiatan tersebut bersama teman karibmu, kegiatan yang seharusnya melelahkan akan menjadi menyenangkan, dengan begitu kamu bakal betah berlama-lama disana bersama teman karib yang super konyol.

Sumber gambar dari Hellosehat.com

Namun meskipun mendaki gunung itu terlihat seru, kamu harus tetap waspada terhadap sekitar, karena banyak sekali bahaya yang mengincarmu, dirumah saja yang dalam kondisi tertutup bisa membahayakan apalagi ini merupakan kegiatan outdoor.

Kamu setidaknya harus memiliki insting kuat untuk bertahan di alam secara langsung, banyak kejadian pendaki gunung yang meninggal karena menyepelakan betapa bahayanya melakukan kegiatan ini, bagi kamu yang belum pernah mendaki gunung sebaiknya antisipasi terlebih dahulu dan ketahui bahaya mendaki gunung.

Serangan binatang buas

Gunung merupakan tempatnya binatang buas, kalau kamu tidak waspada bisa jadi kamu akan mendapat serangan dari binatang yang ada disana, mungkin yang paling sering adalah serangan ular, tapi binatang lain pun bisa menjadi menyaramkan karena gunung itu merupakan habitat asli mereka, kalau kamu tidak waspada babi hutan bisa menyerang kamu kapan saja.

Nyasar di tengah hutan

Ketika mendaki gunung pengetahuan alam itu sangat penting supaya kamu bisa mengantisipasi jika tersesat dihutan, kalau dipikir tersesat itu tidak akan mungkin karena sudah ada jalan untuk pendakian, kebanyakan orang akan berpikir seperti itu, padahal terjadinya tersesat bukan karena kamu berbelok arah tapi karena menghindari bahaya seperti hujan atau tanah longsor.

Terkena angin duduk

Penyakit satu ini sering menimpa para pendaki gunung, mereka yang terkena akan tiba-tiba merasa kedinginan karena gagal jantung, kamu harus waspada karena penyelamatannya itu sangat sulit, apalagi kamu berada di gunung yang cukup tinggi, baru berpindah ke pos lain saja bisa jadi kamu tidak tertolong, bahkan beberapa korban angin duduk ternyata masih berada di pos pemberhentian awal.

Bencana alam

Longsor atau badai lebih bahaya mana?, semuanya membahayakan tapi masih ada yang lebih membahayakan lagi yaitu kebakaran hutan, jika sewaktu kamu mendaki ternyata terjadi longsor atau badai kamu masih bisa berhenti sejenak mencari tempat yang aman, kalau yang terjadi adalah kebakaran hutan kamu mau pergi kemana, sedangkan jalanan di gunung itu tidak semulus jalan raya, kamu disini pasti akan berpikir segera menjauhi arah api, padahal api itu sangat cepat merambat, kamu baru berpindah tempat saja api sudah ada di dekatmu.

Terkadang manusia lebih membahayakan

Jika kamu masih berpikir bahaya diatas tadi sangat menyeramkan cobalah buka matamu sebentar, binatang buas menyerang karena terancam atau alam yang sedang melakukan kegiatannya semua itu sudah menjadi kebutuhan mereka, tapi manusia bisa membahayakan karena nafsunya.
Tunggu