Peringkat Suporter Bola Terusuh di Dunia, Datang Tanpa Identitas Pulang Tanpa Nyawa

Sepakbola tidak akan lengkap tanpa adanya suporter yang selalu mendukung klub kesayangannya, namun apa jadinya jika suporter itu terlalu fanatik kepada klub yang mereka dukung, bukannya memberi manfaat baik justru mereka akan menyusahkan.


Bagi sebagian orang mendukung klub kesayangan itu merupakan sebuah harga diri, bahkan dalam beberapa khasus mereka tega melukai orang yang tidak bersalah hanya karena kefanatikannya, munculnya suporter semacam ini tidak di latar belakangi oleh klubnya yang saling bentrok, tapi karena memang sifat mereka yang suka mencari musuh tapi selalu berlindung dengan alasan sepakbola.

Sepakbola sendiri bagi para suporternya bisa menjadi pisau bermata dua, terkadang mereka bisa menyatu untuk mendukung timnasnya namun mereka juga bisa saling serang jika mendukung klub kesayangannya, tapi apakah kamu sudah tahu ada beberapa negara dengan suporter terusuh didunia bahkan jika kamu datang tanpa identitas, bersiaplah menjadi korban keganasan mereka.

#10 Wisla krakow(Polandia)

Tidak harus menjadi klub terkenal untuk memiliki suporter yang fanatik, itulah yang terjadi pada kesebelasan Wisla Krakow, pendukung mereka sangat fanatik bahkan keganasan mereka telah terdengar sampai ke negara tetangga, khasus yang paling menghebohkan adalah terjadinya pengroyokan suporter lawan pada tahun 2011 silam yang mengakibatkan meninggal dunia, suporter tersebut bernama Tomasz di kroyok oleh sekitar 12 orang.

#9 Corinthians(Brazil)

Sebagai negara yang memegang prestasi terbanyak di dunia ternyata prestasi tersebut tidak diikuti oleh suporternya, mereka memiliki suporter yang terkenal bikin rusuh dan selalu bikin onar, bahkan Corinthians sering direpotkan akibat ulah suporternya sendiri, waktu itu ketika melawan Bolivians San Jose, Kelvin Betran (14 tahun) harus menjadi korban karena terkena kembang api yang di lempar dari bangku pendukung Corinthians, dengan kejadian itu pihak penyelenggara memutuskan menutup pintu bagi suporter pada sisa laga berikutnya.

#8 Catania(Italia)

Suporter di Italia itu tidak berbeda jauh dengan suporter lain, mereka terkenal sering bentrok disetiap pertandingan, sampai pada tahun 2007 FIFA menghukum Catania karena terjadi ricuh yang menyebabkan seorang polisi tewas akibat bahan peledak yang dilempar ke mobilnya.

#7 Boca Junior(Argentina)

Suporter Boca Junior sampai dilarang oleh federasi sepakbola Argentina untuk menonton klubnya bertanding, hal itu disebabkan karena ada bentrok internal yang menyebabkan suporternya terpecah pada dua kubu.

#6 Atletico Nacional(Colombia)

Sebuah klub yang monotori oleh bandar narkoba yang namanya sudah terkenal dimasa lalu, membuatnya memiliki suporter yang terkenal ganas, bahkan di beberapa khasus suporter disana sering bentrok sesama suporter, dalam pertandingan Independiente Medellin melawan Atletico Nacional seorang pemuda harus mati tertembak dan sembilan orang terluka karena bentrok, bukan hanya itu sebelum kejadian juga ada korban yang di tertusuk di luar stadion.

#5 Galatasaray(Turkey)

Ketika Galatasaray bertanding yang terpampang di stadionnya bukanlah ucapan gemberi malainkan sambutan "Selamat Datang di Neraka", Galatasaray merupakan klub sepakbola yang sering menorehkan prestasi, perjalanan panjang mereka selalu di ikuti oleh kerusuhan yang dilakukan suporternya, di area stadion ternayata sering terjadi penusukan oleh suporter klub.

#4 Partizan Belgrade(Serbia)

Negara Eropa Timur baru saja terlepas dari Komunis, ternyata hal itu membuat sepakbola semakin besar dan berbahaya, pada tahun 2008 terjadi penembakan yang menewaskan seorang suporter dari lawan dan satu tahun kemudian terjadi penganiayaan yang mengakibatkannya tewas.

#3 Newell Old Boys (Argentina)

Siapapun pendukung lawan yang berani datang kekandang mereka, bersiaplah menjadi saksi keganasannya, meskipun Stadion Newell’s merupakan tempat kelahiran Messi, semua itu tidak merubah mindset suporter yang berada disana, beberapa khasus yang terjadi anatara lain penembakan terhadap bocah umur 14 tahun, bernama Walter Caceres yang memakai atribut lawan dan tertembaknya pentolan suporter mereka sendiri yang bernama Roberto “Pimpi” Caminos diduga karena demdam.
 
#2 Al-Masry(Mesir)

Pendukung klub Al-Masry itu sangat fanatik, bahkan ketika mereka merayakan kemenangan atas pertandingan melawan Al-Ahly dari Kairo, pendukung klub Al-Masry menyeruak masuk lalu mengejar pemain lawan, karena pendukung lawan tidak terima akhirnya terjadilah bentrok, korban tewas dalam insiden ini mencapai 74 orang dan 248 orang terluka.

#1 Suporter klub (Indonesia)

Kenapa Indonesia menduduki peringkat pertama suporter terusuh di dunia, kamu sering menonton sepakbola secara langsung, pasti kamu sudah tahu betapa kejamnya mereka, seandainya kamu datang ke stadion tapi tanpa atribut bisa jadi kamu akan di hajar oleh sesama suporter, banyak sekali kejadian pengroyokan itu disebabkan karena orang tersebut tidak mengenakan atribut klub.

Apalagi ada kegiatan swepping yang sering dilakukan oleh suporter kandang, jika ada orang ketahuan ternyata dari suporter lawan, sudah pasti dia akan dihajar, kebanyakan mereka yang menjadi korban itu bukan orang yang sering ikut rusuh dan mereka juga tidak tahu apapun. Apakah suporter sekarang ini tidak bisa membedakan antara maling dengan orang biasa, maling dihajar dengan alasan merugikan, orang biasa nonton bola juga dihajar, sebenarnya mereka memang suka membunuh tapi sering beralasan mendukung sepakbola.
Tunggu