10 Media Sosial Terpopuler di Dunia Selain Facebook

Flickr


Bagi kalian seorang fotographer atau hobi menyimpan foto dengan jumlah ribuan, tapi tidak ingin memenuhi kapasitas memori atau takut foto yang kalian miliki itu sewaktu-waktu bisa hilang, sebaiknya mulai sekarang kalian harus memanfaatkan media sosial yang bernama Flickr.

Meskipun kegunaan Flickr hampir sama dengan media sosial lainnya, tapi ternyata media sosial yang satu ini memiliki banyak keunggulan. Lalu apa saja keunggulannya?

- 1 Terabyte (1000 GB) gratis penyimpanan
- Adanya fitur privasi untuk foto yang tidak ingin diakses oleh orang lain
- Bisa kalian gunakan untuk pamer keahlian fotographer ke semua pengguna Flickr
- Foto bisa di donwload dengan ukuran dan kualitas yang sama persis saat pertama kali kalian upload
- Tempat kumpulnya para fotografer profesional
- Tersedia aplikasi untuk pengguna android

Snapchat


Kalian pasti sering mendengar tentang Snapchat, tapi apakah kalian sudah tahu kegunaan aplikasi tersebut, kalau belum tahu penulis akan menjabarkannya sedikit, aplikasi Snapchat merupakan aplikasi berbagi video dan foto kepada pengguna lain, keunikan dari aplikasi ini adalah video dan foto yang kalian bagikan bisa menghilang sesuai waktu yang di tentukan.

Awal kemunculannya sempat menghebohkan banyak orang karena banyak sekali para selebriti tingkat nasional dan internasional menggunakannya. Namun entah kenapa Snapchat tidak bisa sepopuler media atau aplikasi yang lain, padahal banyak sekali kelebihan yang dimiliki.

- Mudah digunakan
- Interface yang tidak ribet
- Bisa mencari teman melalui kontak
- Adanya fitur Discover untuk melihat berita dari CNN, Daily Mail dan Vice

Vine


Sebenarnya aplikasi Vine merupakan aplikasi untuk berbagi video pendek, tapi beberapa waktu lalu aplikasi tersebut telah ditutup lalu diganti menjadi aplikasi Vine Camera, tapi tidak ada salahnya jika kalian masih ingin mencoba aplikasi tersebut karena Vine merupakan perusahaan dibawah naungan Twitter, meskipun pada akhirnya ditutup, kalian masih bisa menggunakannya untuk berbagi ke Twitter.

Kalau hanya digunakan untuk mengedit video kenapa harus ribet menggunakan Vine, padahal aplikasi edit video kan ada banyak? eitss, tunggu dulu, meskipun aplikasi ini hanya sebagai pengedit video ternyata ada banyak keunggulannya daripada aplikasi lain.

- Kalian bisa membuat video loop berdurasi 6 detik dengan banyak pemotongan
- Lebih mudah mengedit video untuk mendapatkan hasil yang maksimal
- Tool yang lengkap mulai dari multiklip, lapisan kisi, fokus AF, Ghost, lampu kilat dan kamera depan
- Membagikan ke Twitter secara langsung

Tumblr


Kalian suka ngeblog atau sekedar menulis cerita, kalau iya cobalah menggunakan Tumblr, karena aplikasi ini merupakan gabungan antara blog dan media sosial, yang membuatnya berbeda dari blog adalah lebih sederhana, adanya fitur follow, dan bisa saling like postingan yang dibagikan.

Tumblr muncul setelah 3 tahun adanya Facebook, didirikan oleh David Karp yang memiliki hobi dengan tumblelogs (blog pendek). Kenaikan penggunanya cukup drastis karena hanya butuh dua minggu media ini telah memiliki 75.000 pengguna. Apa saja kelibihan dari Tumblr?

- Adanya dashboard yang memungkinkan kalian untuk mengontrolnya
- Fitur blog ada disana
- Explore konten pengguna lain
- Bisa menerbitkan ulang postingan sebelumnya
- Bisa mengirim pesan ke pengguna lain

Hi5


Hi5 didirikan pada tahun 2003 oleh Ramu Yalamanchi, jika kita lihat Hi5 merupakan situs jejaring sosial yang menggunakan tampilan web 2.0 yang membuatnya terlihat sangat simple.

Kegunaannya hampir mirip dengan media sosial pada umumnya, yaitu agar orang lain bisa lebih mudah terhubung, tapi yang membuatnya spesial adalah kalain tidak perlu mendaftar di media sosial tersebut. Hi5 sendiri telah menjadi media sosial terbaik diantara 20 media sosial yang populer hingga saat ini.

Pinterest


Kalau kalian sering menggunakan media sosial yang saat ini sedang digandrungi, kalian akan kecewa jika tidak menggunakan Pinterest. Konsep yang ditawarkan Pinterest juga cukup unik dan berbeda, karena dalam Pinterest pengguna dapat mengkoleksi semua foto tanpa harus takut pada limit yang biasa digunakan di media sosial lain.

Memang hampir mirip dengan Instagram tapi Pinterest lebih kompleks dan memiliki virtual pinboard. Fitur yang dimiliki Pinterest adalah berbagi foto yang sering disebut dengan istilah Pin, dimana foto tersebut bisa kalian kumpulkan pada kategori desain, dekorasi, masakan dan sebagainya.

Kelebihan Pinterest.

- Banyak kategori foto yang tersedia
- Adanya pesan untuk menghubungi teman
- Tombol hati untuk menyukai

Twoo


Twoo lebih cenderung menjadi aplikasi untuk bersenang-senang, bermain game dan saling melihat profile. Sebenarnya Twoo merupakan media sosial yang diperuntukan untuk bisa bertemu dan mengenal lawan chatting kita, hampir mirip dengan aplikasi datting namun disini kalian bisa seru-seruan dengan bermain game atau semacamnya.

Meskipun tidak seheboh media sosial lain, tapi Twoo ternyata telah memiliki banyak pengguna, bahkan dalam sebulan Twoo bisa mendapat 10 juta kunjugan. Pada mulanya Twoo didirikan untuk mempermudah dalam menemukan teman yang akrab, tapi setalah itu sang pendiri Lorenz Bogaert memutuskan untuk menjadikannya sebagai wadah mencari jodoh.

Kelebihan yang dimiliki oleh Twoo.

- Banyak tersedia game
- Obrolan bisa lancar dengan permainan
- Tersedia pembelian berupa diamond
= Jumlah pengguna yang banyak

LinkedIn


LinkedIn merupakan jejaring sosial layaknya facebook dan twitter namun yang membedakan LinkedIn adalah kegunaannya dalam lingkup kerja dan profesional, bahkan terdapat banyak perusahaan dan instansi yang tergabung dalam jejaring sosial ini.

Karena kegunaannya sebagai tempat berkumpulnya para profesional, maka tidak heran media sosial yang satu ini cenderung menjadi tempat berbagi cerita yang serius jauh dari kata bersenang-senang layaknya media sosial lain yang sering dicap sebagai media alay. Manfaat dari LinkedIn juga cukup banyak apalagi bagi kalian yang merasa butuh teman sukses atau sekedar cari channel.

Berikut kelebihan LinkedIn.

- Adanya penawaran kerja yang memudahkan untuk cari lowongan
- Teman yang sukses dari berbagai profesi
- Profile yang lengkap untuk menjelaskan kelebihan dalam dunia kerja
- Digunakan sebagai media wajib diperusahaan
- Fitur grup khusus untuk kantor

Mixi


Bagi para wibu yang ingin mendapat kenalan wanita Jepang, kalian akan kesulitan jika menggunakan facebook atau twitter, karena media sosial tersebut jarang digunakan oleh orang Jepang, mereka lebih suka menggunakan aplikasi Mixi.

Kalian sudah tahu belum, jika Mixi merupakan aplikasi buatan orang Indonesia, yap benar sekali, pembuatnya adalah Batara Kusuma lahir di Medan pada tahun 1979, ia memiliki darah keturunan Jepang dari sang kakek. Pada akhirnya Batara Kusuma melanjutkan kuliah di Jepang bidang Ilmu Komputer.

Kelebihan media sosial Mixi :

- Surganya para wibu
- Tempatnya berkenalan dengan orang Jepang
- Pengguna baru akan mendapat rekomendasi banyak teman
- Hanya populer di Jepang

VK


Jika di Jepang ada Mixi di Rusia ada media sosial khusus juga yaitu VK, meskipun begitu penggunanya bukan hanya untuk orang Rusia saja melainkan banyak pengguna dari berbagai negara. Tapi pengguna media sosial VK ini ekslusif hanya untuk para alumni sekolah tinggi dari berbagai dunia, jadi dengan bergabung di VK maka kalian akan lebih mudah terhubung dengan orang seangkatan di kampus yang sama.

Kelebihan yang dimiliki VK :

- Terdapat alumni perguruan tinggi dari berbagai dunia
- Mudah menemukan teman waktu di kampus dulu
- Tampilan sangat simple
- Banyak kegiatan yang bisa kalian ikuti
Share:

Artikel Lainnya

Memuat...